KONTRIBUSI SELF-DIRECTED LEARNING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI MEMBACA

  • Ni Luh Putu Sawitri
Keywords: kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dalam belajar (self-directed learning) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar membaca mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar. Dari seluruh populasi siswa semester II didapatkan sampel sebanyak 84 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kusisioner untuk kemandirian dalam belajar dan motivasi berprestasi, sedangkan test untuk melihat prestasi belajar membaca. Dari data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil dari analisis tersebut didapatkan bahwa kemandirian dalam belajar dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar membaca. 

References

Aji, S. M. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SMKN 1 BatangTahun Pelajaran 2012/2013. Downloaded on 14th December 2014 from http://lib.unnes.ac.id/19380/1/7101406153.pdf

Handayani, N. N.L., Dantes, Suastra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa kelas VIII SMP N 3 Singaraja.Downloaded on 14th December 2014 fromhttp://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/505.

Heick, D. (2013). 27 Actions that promote self-directed learning. Downloaded on 25th May 2014 fromhttp://www.teachthought.com/learning/project-based-learning/27-actions-that-promote-self-directed-learning/.

Knowles, M. (1975). Self-Directed Learning. Cambridge University Press. New York

Latifah, E. (2010). Strategi Self-regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. JurnalPsikologi Volume 37, No 1, Juni 2010:110-129.

Lowry, C. M.(nd).Supporting and Facilitating Self-directed Learning. downloaded from http://www.education.com/reference/article/Ref_Self_Directed/ on 31st May 2012.

Mariasa, I. K., Suarjana, Raka. (2014). Pengaruh Model Selfdirected Learning terhadap Prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Seraya Timur. Jurnal Mimbar PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2, No 1, Tahun 2014.

Merriam, S.B.(2001). Andragogy and Self-Directed Learning: Pillars of Adult Learning Theory. Wilson Company. Georgia

Nashir, A, Sutaryadi, Subarno, Anton. (2012). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar KKPI Siswa SMKN 1 Surakarta. Downloaded on December 14th from http://eprints.uns.ac.id/1903/1/1533-3398-1-SM.pdf.

Pramesti, G. (2011). Aplikasi SPSS dalam Penelitian. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Skiff, D. (2009). Self-directed learning. Downloaded on 25th May 2014 fromhttp://jam3c.tripod.com/id8.html

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Wulansari, L. D. (2008). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 1 Malang. Downloaded on December 14th 2014 from http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/ekonomipembangunan/article/view/4121