DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIKA BIDANG

  • Kadek Rahayu Puspadewi
Keywords: kemampuan komunikasi matematis, geometri analitika bidang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri analitika bidang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun Akademik 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes uraian dan wawancara. Data kemampuan komunikasi matematis yang didapatkan kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa kelompok tinggi mampu 1) memahami masalah dengan baik dan melakukan evaluasi terhadap ide matematis yang dibuat, 2) menggunakan notasi-notasi matematika dengan sangat baik, 3) menggambar secara visual dengan sangat baik. Mahasiswa kelompok sedang 1) mampu memahami masalah namun tidak melakukan evaluasi terhadap ide matematis yang dibuat, 2) mampu menggunakan notasi-notasi matematika dengan baik, 3) kemampuan menggambar visualnya kurang baik. Sedangkan mahasiswa kelompok rendah tidak memahami soal dengan baik dan tidak melakukan evaluasi dari ide matematis yang dibuat, 2) belum mampu menggunakan notasi-notasi matematika dengan baik, 3) kemampuan menggambar visualnya sangat kurang baik. 

References

Asnawati, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamet Dengan Classroom Questioning Strategies Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. www.respository.upi.edu, diakses pada 5 Desember 2016.

Gordah, E.K., dan Astuti, R. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Kuliah Geometri Analitik di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.4, No. 2, Desember 2015. Diakses pada 12 Desember 2016.

NCTM. (2000). ”Standards for School Mathematics: Communication”. http:// standards.nctm.org/document/chapter3/comm.htm.

Ontario Ministry of Education. (2005). The Ontario Curriculum. Grades 1 to 8: Mathematics. Toronto, ON: Queen’s Printer for Ontario

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta

Sulthani, N. A. Z. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler Kelas X SMA Panjura Malang pada Materi Logika Matematika. Jurnal Online Universitas Negeri Malang. Vol. 1, No. 1.(Online) Tersedia:http://jurnalonline.um.ac.id , diakses tanggal 11 April 2015.