IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

  • Putu Suarniti Noviantari
Keywords: model pembelajaran 7E, pemecahan masalah matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diimplementasikan model pembelajaran  7E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek peneliian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 37 orang. Data tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian dengan rentangan skor 0-60. Data tentang tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan dari refleksi awal ke siklus I, dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. Pada refleksi awal rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 23,32 (kategori kurang baik) meningkat menjadi 33,16 (kategori cukup baik) pada siklus I, meningkat menjadi 40,11 (kategori baik) pada siklus II dan meningkat menjadi 44,03 (kategori baik) pada siklus III. Selain itu, tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan tergolong  positif.

References

Aryana. (2006). Penerapan Kerangka Pembelajaran TANDUR Disertai Strategi Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan MIPA. IKIP Negeri Singaraja.

Budiningarti, H. (1998). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Fisika SMU. Tesis (tidak diterbitkan). Pendidikan Matematika Konsentrasi Sains. Program Pasca Sarjana. IKIP Negeri Surabaya.

Dafis, E. J. dan W. D. McKillip. (1980). ”Improving Story-Problem Solving In Elementary Scholl matemathics”. Problem Solving In Scholl Matemathics. National Council Of Teacher Matematic (NCTM).

Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintahan RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Cemerlang.

Dasna, I W. dan F. Fajaroh. (2007). Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). http:// www. lubisgrafura.wordpress.com. (diakses tanggal 8 Mei 2014)

Eisenkraft, A. (2003). The Science Teacher ”5E Model Expanding Aproposed 7E Model Emphasizes” Transfer Of Learning And The Importance Of Eliciting Prior Understanding. http://www. Its about time.com/html/ap/einsenkraftst pdf. (diakses tanggal 12 Januari 2014)

Ersoy, M. & K. Yenilmez. (2008). Opinions Of Mathematics teacher Candidates Towards Applying 7E Intructional Model On Computer Aided Instruction Environments. Vol.1,No,1 ISSN:1694-609x. www.e-iji.net. International Journal Of Instruction. (diakses tanggal 8 Mei 2014)

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Edisi Revisi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemmis, S & Taggart, R. MC. (1998). The Action Research Planner. Geelong Victoria: Deakin University.

McDonald, R. P. (1999). Test Theory: A Univied Treatment. London: University Of Illinois At Urbana-Campaign

Merthakari, N K. (2005). Penggunaan Media Manipulasi Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bagi Siswa kelas II SD No 5 Penerukan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan MIPA. IKIP Negeri Singaraja.

Nurkancana, I W. dan Sunartana, P.P.N. (1992). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sariyasa. (2006). Pemecahan Masalah Dalam Matematika. Makalah Dalam Seminar Akademik HMJ Pendidikan Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha. 14 Oktober 2006.

Slavin, R. (1997). Educational Psychology Theory and Practice. Fifth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Suherman, E. et. al. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Sutawidjaja, A. (1998). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Program Pascasarjana. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja (tidak diterbitkan).