KREASI PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) & HASIL PHOTOVOICE BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) SISWA SMPN 12 DENPASAR

  • I Wayan Agus Permadi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Puspawati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Putu Kaler Surata Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Kreasi photovoice, JAS

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA terutama Biologi di SMP adalah meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan. Pembelajaran IPA agar lebih menarik harus menggunakan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih kreatif untuk mengumpulkan data sehingga dapat meningkatkan KPS, dan akan dapat menghasilkan media pembelajaran yang lebih inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry terhadap KPS dan hasil photovoice berbasis JAS. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data KPS dan hasil photovoice dengan menggunakan rubrik. Data KPS dan hasil photovoice dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh nyata terhadap KPS berbasis JAS dengan hasil uji Mann Whitney Test (p=0,001) yang menyatakan ada perbedaan nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta terhadap hasil photovoice berbasis JAS dengan hasil uji Mann Whitney Test (p=0,001). Penggunaan kreasi photovoice dan model pembelajaran guided inquiry membuat KPS siswa meningkat dan hasil photovoice kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga penggunaan kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap KPS dan hasil photovoice berbasis JAS siswa SMPN 12 Denpasar.

References

Aksaridinni, Y. (2012). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Di Smp Negeri 26 Surakarta Kelas VIII-B Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Paper dipublikasikan pada Jurnal Pembelajaran Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diunduh pada tanggal 03 november 2014 dari http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/YUANG-DINI-AKSARI_K4308064.pdf.
Ambarsari, W. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 7 Surakarta. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Paper dipublikasikan pada Jurnal Pembelajaran Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diunduh pada tanggal 03 november 2014 dari http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/journal-by-wiwin.pdf.
Dewi, S.A.M.I.U, Puspawati, D.A, Ismail, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Media Photovoice Berbasis Lanskap Budaya Subak Terhadap Perilaku Berkelompok Siswa SMP Amarawati Tampaksiring. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2), 114-122.
Hadiana, L. R. (2011). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Diunduh pada tanggal 26 Januari 2015 dari : http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1582/1/101530-LA%20ROSIANI%20HADIANI-FITK.pdf.
Kalsum, U. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan. Diunduh pada tanggal 26 Januari 2015 dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/21524/1/UMMI-KALSUM-FITK.pdf.
Lestari (2009). Inkuiri Terbimbing. Diunduh pada tanggal 09 Juni 2015 dari http://trilestarisman1kbm.blogspot.com.
Muhtartinah, Y.P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa (Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso). Diunduh pada tanggal 09 Juni 2015 dari http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/23025/YULIAN%20PUTRI%20MUHTARTINAH_1.pdf?sequence=1.
Mulyani, E.S. Aditya, M. Nugroho E.K. Tuti, W. Sigit, S. Krispinus K.P. dan Siti, H.B. (2008). Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Paper dipublikasikan pada Jurnal Pembelajaran Biologi Universitas Negeri Semarang. Diunduh pada tanggal 01 november 2014 dari http://biologi.unnes.ac.id/web-bio/files/DOKUMEN-JAS_1.pdf.
Rusman (2013). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalsime Guru. Jakarta. Rajawali Press.
Rustaman, N.Y. (2003). Assesment Pendidikan IPA. Diunduh pada tanggal 04 Februari 2015 dari http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032-NURYANI_RUSTAMAN/Asesmen_pendidikan_IPA.pdf.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Cetakan Ke-18.
Surta, S.P.K. (2013). Lanskap Budaya Subak: Belajar Dari Masa Lalu Untuk Membangun Masa Depan. Denpasar: UNMAS PRESS.
Zelm, J. (2012) Rubrik photovoice. Diunduh pada tanggal 04 Februari 2015 dari http://www.rcampus.com/rubricshowc.cfm?code=Q4X87B&sp=true.