IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP N 2 MENGWI BADUNG

  • Dewa Ayu Nyoman Apriliana Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Pembelajaran Problem based learning (PBL), Media Mind Mapping dan Kemampuan pemecahan masalah siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning (PBL) sehingga dapat berpengaruh terhadap nilai media mind mapping dan kemampuan masalah siswa kelas VII SMP N 2 Mengwi Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design (Sugiyono, 2011) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2014/2015 di SMP N 2 Mengwi yang berjumlah Sembilan kelas. Sampel yang diambil secara acak, sehingga didapatkan kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, sedangkan kelas control adalah kelas VIIG dengan jumlah 36 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Analisis dengan menggunakan uji t-test, untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan menggunakan uji Mann Whitney U – test , maka diperoleh signifikansi kelas eksperimen dan kontrol prettest (p=0,003<0,01) sedangkan kelas eksperimen dan kontrol posttest (p=0,002<0,01), yang berarti terdapat perbedaan nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol prettest dengan kelas ekspermen dan kelas kontrol posttest. Hasil pembuatan mind mapping mendapatkan nilai (p=0,000<0,01), yang berarti ada perbedaan nyata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

References

Ahmadi, A. & Prasetya J. T. (1997). Strategi Belajar Mengajar (SBM). Bandung: Pustaka Setia.
Busan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, O. (1999). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isriani., H. & Dewi P. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori,Konsep dan Implementasinya). Yogyakarta: Familia.
Kardi, S. (2002). Strategi Motivasi Model ARCS. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Khusnul, S., Ikhsan, & Anizar A. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Buang, S. (2013). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Bandar Lampung : STKIP PGRI Bandar Lampung.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.Cetakan ke-13.
Wahyuni, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran mind mapping pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP N 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2013/2014 : UNIMED.