ALTERNATIF STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA

  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha, Jln. Udayana Singaraja
Keywords: strategi pembelajaran, keterampilan berbicara

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dimiliki oleh siswa. Keterampilan berbicara telah dilatihkan sejak dini. Namun, hasil pembelajaran berbicara masih jauh dari harapan. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mental, seperti rasa malu, takut, cemas, dan tidak percaya diri menjadi faktor yang paling dominan menyebabkan kesulitan dalam pembelajaran. Faktor penghambat lain adalah motivasi yang kurang, kebiasaan belajar yang buruk, penguasaan komponen kebahasaan yang masih rendah, penguasaan komponen isi yang belum memadai, hubungan/interaksi antara guru dan siswa yang masih rendah, media pembelajaran yang kurang menarik, dan hubungan/interaksi antarsiswa yang belum sesuai harapan. Di samping itu, keterbatasan pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran keterampilan berbicara mengakibatkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan semakin terlihat. Padahal, strategi pembelajaran adalah salah satu aspek yang menentukan kebarhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki pemahaman yang memadai dan mampu menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Strategi pembelajaran yang dipilih hendaknya mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berlatih berbicara, bukan sekadar belajar tentang bahasa. Strategi pembelajaran yang tepat tentunya akan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

References

Andriew. (2011). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung. Tersedia dalam http://andriew.blogspot.com/2011/02/pembelajaran-menulis-puisi-dengan.html. Diunduh 7 Februari 2012.
Baeulieu, D. (2008). Teknik yang Berpengaruh di Ruang Kelas. Terjemahan Ida Kusuma Dewi. Impact Techiques in The Classroom. 2004. Jakarta: PT Indeks.
Dewantara, I P. M. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara dan Strategi Guru untuk Mengatasinya. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
DePorter, B. dkk. (2009). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quqntum Teaching di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. 1999. Bandung: Kaifa.
Isjoni, H., dkk. (2007). Pembelajaran Visioner: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratminingsih, N. M. (2006). Pemanfaatan Teknik Storytelling Berbantu Personal Photograph sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas 1 SMP Negeri 1 Sukasada: Suatu Pembelajaran Berpendekatan Kontektual. Laporan Penelitian. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran Remidi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, M. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Persada Press.