PENINGKATAN PEMAHAMAN REPORT TEXT MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

  • Dewa Nyoman Joni SMA Negeri 1 Blahbatuh Jalan Astina Jaya, Blahbatuh, Gianyar, FKIP Unmas Denpasar
  • I G A Putri Wirastuti SMA Negeri 1 Blahbatuh Jalan Astina Jaya, Blahbatuh, Gianyar, FKIP Unmas Denpasar
Keywords: CTL, teks report

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari teks report melalui model pembelajaran kontekstual. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 3 SMA N 1 Blahbatuh. Mereka dipilih karena pemahaman mereka dalam mempelajari teks report rendah. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan masing-masing terdiri dari empat sesi. Adapun instrumen penelitian ini yakni tes prestasi belajar, angket dan lembar observasi terstruktur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pemahaman siswa dalam teks report meningkat dari siklus I ke silkus II; dari 0,1117% ke 0,0776%. Ini juga menunjukan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang efektifitas model pembelajaran kontekstual pada pengajaran bahasa.

References

Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2002. Contextual Teaching and Learning. Jakarta: DIrjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.
Inten, I G. (2004). Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Prestasi Belajar Pkn dan Sejarah pada siswa kelas II di SMU Laboratorium. Tesis. Program Pascasarjana.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.
Soedomo, M. (2001). Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.
Supardi, M. (2005). Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Wardani, I G A & Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.