IMPLEMENTASI COLLABORATIVE WRITING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA (CALON GURU) DALAM MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013

  • Nengah Dwi Handayani Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Ag Gana Kumara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: collaborative writing, menyusun RPP berdasarkan kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Collaborative Writing dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  Universitas Mahasaraswati Denpasar, dalam menyusun  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013. Studi dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan mahasiswa semester 6h sebagai subyek. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menerapkan siklus yang dimulai dengan Refleksi Awal (IR), Perencanaan (P), Pelaksanaan (A), Observasi (O), Refleksi (R)dan  Revisi Rencana (RP). Skor rata-rata untuk pre-test dan post-test menunjukkan  64.77, 71.82, 78.86,  disamping mahasiswa juga memberikan respon positif terhadap penggunaan collaborative writing dalam menyusun RPP. Kesimpulannya, penelitian kali ini membuktikan bahwa kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  Universitas Mahasaraswati Denpasar tahun akademik 2013/2014 dalam menyusun RPP  bedasarkan kurikulum 2013 dapat  ditingkatkan melalui collaborative writing.

References

------PP No 19 Tahun 2005
------Permendikbud No 81A Tahun 2013
Andrew, A. (2005). Smart Step: The Smart Way to Learn English. Jakarta: Ganeca Excat.
Burns, Anne. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching: A Guide for Practitioners. New York: Routledge
Graham, S., & perin, D. (2007). Writing Next: Effective strategies to improve writing of adolescence in middle and high schools. New York: Alliance for Excellent Education.
Harmer, J. (2007). How to Teach Writing: sixth impression. Malaysia: Pearson Longman.
Kolin, Philip C. (2007). Successful Writing at Work: 8th edition. Houghton Mifflin.
Norton, L.S. (2011). Action Research in Teaching and Learning. Oxford: Routledge.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Storch, N. (2013). Collaborative Writing in L2 Classroom. Great Britain: Short Run Press Ltd