PEMBERDAYAAN UKM KERAJINAN SENI UKIR BATU PADAS DUSUN SILAKARANG BALI

  • Putu Adi Suprapto JurusanAkuntansiPoliteknikNegeri Bali
  • Kadek Cahya Dewi JurusanAdministrasiNiagaPoliteknikNegeri Bali
  • Ni Wayan Dewinta Ayuni JurusanAkuntansiPoliteknikNegeri Bali
Keywords: KerajinanSeniBatu Padas, PeningkatanProduksi, PeningkatanPendapatan, Pemasaran UKM

Abstract

Kerajinanseniukirbatupadasmerupakansalahsatukeseniantradisional Bali yang sudahmulaitumbuhpada masa kerajaan. Padaperkembangannya, pengerajinseniukirbatupadasmudahditemuidanmerupakanmayoritasusahaatauprofesi yang dijalankanolehmasyarakat di DusunSilakarang, DesaSingapaduKaler, KecamatanSukawati, KabupatenGianyar, Provinsi Bali. Hasilobservasiawalterdapatbeberapakendala yang dihadapiolehpengrajin, sepertiketerbatasanalatbantuproduksi, pemasaran, dantidakadanyapengelolaankeuangan yang dilakukanolehpengrajin/mitra. Berdasarkanpermasalahan yang dihadapitersebut, makapenulismelaksanakanpemberdayaan UKM KerajinanUkirBatu Padas yang dilakukansecarabertahapmulaidarimanajemenproduksi, pemasarandenganmenggunakanwebsite, dandanpelatihanmanajemenkeuangan. Kegiatandiawalidengansosialiasasi, pemberianperalatankerjasebagaialat bantu produksisepertimesingergajijigsaw, mesingerinda (grinder), alatangkut, pahatlengkap, pembuatandanpelatihanpenggunaanwebsitesebagai media pemasaransertapelatihanmanajemenkeuangan. Tujuankegiataniniadalahuntukmeningkatkanjumlahproduksidanpendapatanhingga 100%, peningkatanpemahamanpengrajinmengenaipemasarandengan media website, sertapemahamandalammanajemenkeuanganpengrajin. Hasildarikegiatanini, pengrajintelahdapatmeningkatkanjumlahproduksisebesar 80%, meningkatkanpendapatanhingga 70%, telahdapatmelakukanupload fotoprodukkedalamwebsitesertadapatmelakukantransaksisecaraonline. Lebihlanjutpengrajinsaatinijugatelahmampumembuatlaporankeuangansederhana per bulangunamengetahuijumlahpendapatandankeuntunganusahanya

References

Berata, I Made. 2008. Perkembangan Seni Kerajinan Ukir Batu Padas di Silakarang, Gianyar, Bali (Kajian Fungsi Dan Gaya). ISI Denpasar. Denpasar.
Lestari, DP. 2015. Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online di Surabaya Melalui Instagram. Comoonline Department Komunikasi. Vol. 4 No. 2.
Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. (8th ed.). Ekonesia. Yogyakarta
Yannopoulos, P. 2011. Impact of the Internet on Marketing Strategy Formulation. International Journal of Business and Social Science. Vol. 2 No. 18.
Section
Articles