OPTIMALISASI LAYANAN MELALUI SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA GIRIMUKTI, KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

  • Addy Suyatno Program StudiS1 IlmuKomputerFIKTI UniversitasMulawarman KampusGunungKeluaSamarinda, Kalimantan Timur
Keywords: sistem informasi, layanan, masyarakat.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengarah ke pengembangan berbasis konten setelah kebutuhan infrastruktur dan perangkat dasar terpenuhi. Didukung oleh kebutuhan lembaga atau institusi akan layanan kepada masyarakat dan sumber daya manusia yang memiliki ide untuk menyelesaikan permasalahan akhirnya menjadi sebuah produk berbasis teknologi informasi yang berguna. Desa Girimukti merupakan salah satu desa yang sadar akan kebutuhan teknologi informasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Dalam kurun waktu lima tahun (sesuai dengan program kerja Kepala Desa), Desa Girimukti harus menggunakan teknologi informasi dalam operasional perkantorannya. Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu pilar Tri Dharma, perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk mendukung kebutuhan dan program kerja sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Manfaat yang didapatkan setelah mengimplementasikan sistem informasi ini adalah pangkalan data yang terpusat sehingga mudah dikontrol, penyimpanan dokumen dan arsip yang lebih rapi, waktu layanan yang makin singkat, standar format surat yang lebih baku, dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat

References

[1] Addy Suyatno, 2013, LaporanHasilPemetaanSosial di Wilayah Paser, LPPM UniversitasMulawarman.
[2] Tim Penyusun, 2010, ProfilDesaGirimukti,DesaGirimukti.
[3] Panitia KKN 2012, LaporanPelaksanaan KKN UniversitasMulawarmanAngkatan XXXVIII tahun 2012, LPPM UniversitasMulawarman.
Section
Articles