DAYA SAING KACANG TANAH PRODUKSI KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM

  • i Made Tamba Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: daya saing, kompetitif, komparatif, kacang tanah

Abstract

Pengembangan usahatani lahan kering dengan tanaman pangan yang berdaya saing merupakan tuntutan logis dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, dan juga penguatan perekonomian wilayah. Pasar bebas ASEAN yang telah berada di depan mata, menuntut penampilan komoditas lokal yang berdaya saing sehingga eksistensinya tetap terjaga. Kacang tanah merupakan salah satu tanaman pangan yang dibudidayakan di Kecamatan Kubu. Permasalahan yang kemudian menarik untuk dicarikan jawabannya, yaitu apakah kacang tanah produksi Kecamatan Kubu memiliki daya saing?  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1)  efisiensi finansial dan ekonomi usahatani kacang tanah di Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem, (2) insentif ekonomi yang diterima petani kacang tanah di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, (3)  daya saing  kacang tanah produksi Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem,  dan (4) dampak kebijakan pemerintah terhadap daya saing kacang tanah produksi Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan terhadap petani kacang tanah di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Penentuan responden menggunakan metode random sampling terquota, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Daya saing kacang tanah dianalisis menggunakan pendekatan policy analysis matrix (PAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani kacang tanah di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem efisien secara finansial dan ekonomi. Sistem usahatani kacang tanah di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem secara keseluruhan menerima insentif ekonomi dari berbagai kebijakan pemerintah atau distorsi pasar. Kacang tanah yang diusahakan oleh petani memiliki daya saing kompetitif dan komparatif. Dampak kebijakan pemerintah terhadap daya saing kacang tanah menunjukkan bahwa tanpa adanya intervensi kebijakan pemerintah ataupun distorsi pasar, usahatani kacang tanah memiliki daya saing yang lebih rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar (1) petani senantiasa berinovasi untuk meningkatkan efisiensi finansial dan ekonomi serta daya saing kompetitif dan komparatif kacang tanah; dan (2) pemerintah daerah Kabupaten Karangasem selayaknya konsisten mendukung petani kacang tanah agar mereka bisa eksis menghadapi persaingan global. 

References

Antara, M. dan Astika, G. 2012. Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Profitabilitas dan Daya Saing Agribisnis Ayam Ras Petelur di Provinsi Bali. Jurnal Agripita, Volume 1, Nomor 4, April 2012. ISSN: 1829-555X.
Haryono, D., Soetrisno, Hartadi, R., dan Aji, J.M.M. 2011. Analisis Daya Saing dan Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Produksi Kakao di Jawa Timur. J-SEP Vol. 5 No. 2, Juli 2011.
Hermayanti, N.W., Abidin, Z., dan Santono, H. 2013. Analisis Daya Saing Usahatani Kelapa Sawit di Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur. JIIA, Volume 1 No. 1, Januari 2013.
Kanaka, S. dan Chinnadurai, M. 2013. The Policy Analysis Matrix of Rice Cultivation in India. European Journal of Physical and Agricultural Science. Vol. 1 No. 1, 2013.
Monke, E.A. dan Pearson, S.R. 1989. The Policy Analysis Matrix for Agriculture Development. Ithaca and London: Cornel University Press.
Yuzaria, D. dan Suryadi, D. Analisis Tingkat Keuntungan, Keunggulan Kompetitif, Keunggulan Komparatif, dan Dampak Kebijakan Impor pada Usaha Peternakan Sapi Potong di Provinsi Jawa Barat. Agripet, Vol 11, No. 1, April 2011.
Section
Articles