KARAKTERISASI PENINGKATAN KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS MELALUI REKONTRUKSI TERJEMAHAN TEKS TANTRI KANDAKA

  • I Ketut Wardana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Martini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: rekuntruksi, terjemahan, karakter, tantri kandaka

Abstract

Sikap belajar khususnya para peserta didik kelas VIII 4 SMPN 3 Kuta Selatan cenderung tidak menunjukan sikap aktif, kooperatif dan bertanggungjawab, sehingga berpengaruh terhadap penyerapan pengetahuan dan ketrampilan bahasa Inggris. Pelaksanaan penelitian dengan latar belakang tindakan kelas ini bertujuan untuk menguatkan sikap positif, peningkatan pemahaman struktur kalimat dan mengembangkan kemampuan menulis teks bahasa Inggris melalui rekontruksi terjemahan bebas teks Tantri Kandaka. Dongeng lokal masyarakat Bali ini dapat menuntun karakter positif dari pesan moral yang tersirat. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan disain perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi di setiap siklus. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa butiran tes objeltif, dan  tes unjuk, lembaran pegamatan guru dan  angket. Keefektifan  model pembelajaran ini dapat dianalisis sejauh mana nilai rerata tindakan pada kedua siklus lebih tinggi dari nilai pretest. Indikator keberhasilan penelitian atau target luaran penelitian ini dimana 80% peserta didik meraih nilai rerata di atas ketuntasan minimal yaitu; 75. Dari rentangan PAP prestasi belajar siswa yang mencapai kreteria tinggi sebanyak 21 orang sedangkan yang kreteria sedang sebanyak 17 orang. Dari sikap belajar siswa dapat diketahui sebanyak 30 siswa (86%) aktif, 33 (87%) siswa yang kooperatif  dan siswa bertanggung jawab sebanyak 36 siswa (94%). Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa kelas VIII4 SMPN 3 Kuta selatan dalam sikap belajar, pengetahuan dan ketrampilan menulis bahasa Inggris dalam kategori tinggi dan sikap membudaya diatas 50%. P

References

Azwar, Saifuddin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Aminah
N.S. 2002. Dasar- Dasar Evaluasi Penelitian Pembelajaran. Surakarta : UNS Press
Aminah, N.S. 2012. Dasar- Dasar Pengukuran dan Statistik pada Pembelajaran Fisika. Surakarta : UNS Press
Djemari Mardapi. 2008. Tehnik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta:
Mitra Cendekia Press.
Ekawati, Estina 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika
Dasar. Yogyakarta : Kementerian Pendidikan Nasional
Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Jogjakarta : P2IS FMIPA UNY
Suharsimi Arikunto. 2005. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. (2008). Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Kecerdasan Emosional terhadap
Hasil Belajar Matematika. Ilmiah Faktor Eksakta I (2), 18 – 32
Yamtinah, Sri. 2009. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Kimia. UNS Press : Surakarta
Richards, Jack C. and Renandya, Willy A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press
.Richards, Jack C. and Rodgers, Theodore S. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edition). New York: Cambridge University Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Wahab, Yanti Fadila. (2011/2012). The Influence of Using Video on the Students’ Speaking Ability in Procedure Text (An Experimental Study at the Tenth Grade of SMAN 3 Tasikamalaya. Tasikmalaya: Tidak Dipublikasikan
Section
Articles