FENOMENA BIG SALE DI PROPINSI BALI

  • Christimulia Purnama Trimurti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika & Humaniora Universitas Dhyana Pura
Keywords: Bisnis, Big Sale, Pilihan Konsumen

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Propinsi Bali yang tergolong tinggi dalam 10 tahun terakhir antara 5-6 persen sehingga potensi besar para pebisnis meraih keuntungan terutama bisnis fashion, shoes, bag and asesories pada pusat perbelanjaan di Propinsi Bali. Pada kenyataan, banyak pebisnis yang memiliki stock barang yang tersisa sehingga mereka terpaksa melakukan big sale dengan diskon 50% hingga 80% pada barang-barang di pusat perbelanjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded research pada beberapa pusat perbelanjaan yang berlevel nasional di Propinsi Bali. Hasil penelitian menemukan bahwa Big Sale yang dilakukan pada beberapa pusat perbelanjaan bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli untuk berbelanja sehingga kuantitas produk yang terjual makin banyak, dan memperkecil kerugian akibat sisa stock barang yang tidak terjual. Hasil penelitian ini menyarankan agar pebisnis tidak terlalu optimis saat melihat pertumbuhan ekonomi tinggi karena konsumen memiliki banyak pilihan saat pendapatan mereka meningkat, memilih untuk berinvestasi atau konsumtif dalam berperilaku ekonomi.

References

Borenstein Severin, 1985, Price Discrimination in Free-Entry Markets, Rand Journal of Economics, Vol.16 No.3
Cachon Gerard P. & Swinney, 2009, Purchasing-Pricing & Quick Response in the Presence of Trategic Consumer, Management Science, Vol.55 No.3, ISSN 0025-1909
Chen Yongmin, 1999, Oligopoly Price Discrimination and Resale Price Maintenance, RAND Journal of Economics, Vol.30 No.3
Dobbs Ian M, 2000, Managerial Economics (Firms, Markets, and Business Decisions), First Published, Oxford University Press, ISBN 0-19-877570-9
Flores JE, Boada P, Moscoso P, An Empirical Analysis of Sell-through in a Fashion Setting, International Journal of Supply Chain Management IJSCM, Vol. 3, No. 4, December 2014, ISSN: 2050-7399 (Online), 2051-3771 (Print)
Holmes Thomas J, 1989, The Effects of Third-Degree Price Discrimination in Oligopoly, The American Economic Review, Vol.79 No. 1, 24-250
Kfir & Spiegler Ran, 2008, Theoretical Economics 3 (2008),459–497, 1555-7561/20080459
Li Cuihong & Zhang Fuqiang, 2013, Advance Demand Information-Price Discrimination & Preorder Strategies, Manufacturing & Service Operations Management, Vol.15 No.1, ISSN 1523-4614 (print)/ISSN 1526-5498 (online)
LP3ES, Editor : Sofian Efendi & Tukiran, Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi 2012, Penerbit LP3ES, 2012
McGuigan James R., Moyer Charles R., Harris Frederick H.deb, 2011, Managerial Economics (Applications, Strategy, and Tactics), Twelfth Edition, South-Western Cengage Learning, ISBN 1-4390-7923-4
Samuelson Willian F. & Marks Stephen G., 2012, Managerial Economic, Seventh Edition, John Wiley & Sons Inc., ISBN 978-1-11804158
Zhang L, 2015, Dynamic Optimization Model For Garment Dual Channel Supply Chain Network: A Simulation Study, Int k simul model 14, Original Scientific Paper, ISSN 1726-4592
Section
Articles