STRATEGI PETANI DALAM PENGELOLAAN RISIKO PRODUKTIVITAS PADA USAHATANI BAWANG MERAH

  • Nurhapsa Nurhapsa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan ,Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Arham Arham Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: strategi pengelolaan risiko, produktivitas, usahatani bawang merah

Abstract

Strategi pengelolaan risiko yang dapat dilakukan oleh petani dapat dikelompokkan atas tiga yaitu: (1) strategi ex-ante, (2) strategi interactive dan (3) strategi post-ante. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi petani dalam pengelolaan risiko produktivitas pada usahatani bawang merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ex-ante yang dilakukan oleh petani bawang merah di Kecamatan Anggeraja melakukan pola tanam bawang merah-bawang merah-sayuran/palawija. Petani juga melakukan penanaman pada beberapa lokasi atau lebih dari satu lokasi dengan menggunakan varitas yang berbeda untuk lahan yang berbeda. Strategi pengelolaan risiko interactive yang dilakukan oleh petani bawang merah yaitu melakukan penanaman pada akhir musim kemarau agar kebutuhan air dapat terjamin dan melakukan penyulaman jika ada tanaman yang mati, menggunakan pupuk organik dan an organik. Strategi pengelolaan risiko ex post yang dilakukan oleh petani bawang merah yaitu mereka juga berusahatani komoditi lain seperti jagung, kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran lainnya. Jika usahatani bawang merah mengalami kegagalan, maka untuk menutupi kebutuhan keluarga mereka mencari pekerjaan tambahan seperti buruh harian, tukang ojek dan lain sebagainya dan meminjam uang dari keluarga, menyesuaikan luas pertanamannya dengan modal yang tersedia, meminjam modal dari pemilik modal dengan sistem bagi hasil serta meminjam modal dari toko saprodi. Oleh karena itu sebaiknya mengoptimalkan peran kelompok tani atau gapoktan serta peran penyuluh pertanian untuk membantu petani dalam mengelola risiko produktivitas usahatani bawang merah dan mengakses permodalan pada lembaga keuangan.

References

Adiyoga, W dan T, Agoes Soetiarso. 1999. Strategi Petani dalam Pengelolaan Risiko pada Usahatani Cabai. Jurnal Hortikultura, Volume 8, Nomor (4): 1299-1311.
Debertin, D.I. 1986. Agricultural Production Economics. New York : Macmillan Publishing Company.
Fauziyah, E. 2011. Manajemen Risiko pada Usahatani Padi Sebagai Salah Satu Upaya dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani (Studi Kasus di desa Telang Kecamatan Kamal). Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo.
Riyanti, L. 2011. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Bawang Merah Varietas Bima di Kabupaten Brebes. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Section
Articles