ANALISIS RASIO KEUANGAN YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN SISA HASIL USAHA (SHU) DI KSP SARI APUAN DENPASAR

  • Ni Kadek Ari Padmautami Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Kusuma AMP Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: CR, DR, NPM, TAT, Pertumbuhan SHU

Abstract

Sisa Hasil Usaha (SHU) merupakan keuntungan yang didapatkan oleh sebuah koperasi, SHU yang tinggi akan mendorong para anggota koperasi untuk ikut aktif dalam berperan mengembangan usaha koperasi, untuk mengetahui pertumbuhan sisa hasil usaha maka digunakan analisi rasio keuangan yaitu rasio lancar (current ratio), rasio utang (debt ratio), rasio laba bersih (net profit margin) dan rasio perputaran aktiva (total asset turnover). Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui pengaruh analisa rasio keuangan terhadap pertumbuhan sisa hasil usaha (SHU) pada koperasi sari apuan di denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah KSP Sari Apuan Denpasar untuk periode bulanan mulai dari tahun 2012-2015. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel rasio lancar berpengaruh positif terhadap pertumbuhan SHU yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000. Variabel rasio utang dan rasio laba bersih juga berpengaruh terhadap pertumbuhan sisa hasil usaha  yang ditunjukan dengan nilai signifikansi masing-masing 0,000 dan 0,028. Meskipun demikian, variabel rasio perputaran aktiva tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan sisa hasil usaha yang ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,068.

References

A Helfert, Erich, D.D.A. Analisis Laporan Keuangan. Edisi KetujuhPenerbit Erlangga.
Ang,Robert, 2005, Buku pintar: Pasar Modal Indonesia, Mediasoft Indonesia
Anoraga, Pandji & Djoko Sudantoko. 2002 : 1927. Koperasi, Kewirausahaan danUsaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.
------. 2003. Dinamika Koperasi. Jakarta: RinekaCipta.
Asyik, Nur fadjrih dan Soelistyo. 2000. Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Laba. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.15, No. 3.
Bekti, Sri Nur. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PertumbuhanModal Sendiri pada Sektor Properti dan real Estate Tahun 1999-2003.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Brigham, E.F., dan Houston, J.F. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta:Salemba Empat.
Budi, Raharjo. 2007. Keuangan dan Akuntansi: Untuk Manager Non Keuangan.Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Cahyanigrum, Ndaruhesti, 2012. Analisis Manfaat Rasio keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba, Universitas Diponegoro, Semarang.
Danar, Muhammad Hadi, 2013. Analisis Rasio Keuangan yang MempengaruhiPertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU) KPRI Dewantara di Kabupaten Jember.Jurnal. Jember : Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.
Dinas Koperasi. 2008. Sosialisasi Produk-Produk Hukum Perkoperasian. Jakarta:Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
Ediningsih,Sri Isworo. 2004. Rasio Keuangan dan Prediksi Pertumbuhan Laba: StudiEmpiris pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Wahana Vol.7 No.1Februari 2004.Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Usaha.
Firdaus,Muhammad. 2004. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: BumiAksara.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BadanPenerbit: Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. 1999. Basic Econometrics. Mc Graw Hill Inc: New York
Hapsari,Epri Ayu. 2007. Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi PertumbuhanLaba.Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Harahap, Sofyan Safri. 2006. Teori akuntansi. Jakarta: PT. RajaGrafinfindo Persada.
------. 2010. AnalisisKritis atas Laporan Keuangan.Jakarta: Grasindo.
http://eprints.umk.ac.id/764/1/HAL._DEPAN.pdf [5 Maret 2013]
http://eprints.undip.ac.id/17412/1/Epri_Ayu_Hapsari.pdf [5 Maret 2013]
http://www.docstoc.com/?doc id=83056704&download=1[5 Maret 2013]
https://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_keuangan
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
------. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Indarti, Iin. 2002. Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan LabaEmiten di BEJ Tahun 1997-1999. ASSETS. Jurnal Ekonomi dan BisnisIndonesia.Vol. 4, no. 2, Juni 2002.
Juliana, Roma Uly. dan Sulardi. 2003. Manfaat Rasio Keuangan Dalam laba Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 3. No. 2. Hal:108-126.
Jumingan. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara
Kartasapoetra, G. 2007. Koperasi Indonesia. Jakarta; Erlangga.
Kasmir, 2009. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Kristiani, Novarina. 2004. Analisis Rasio Aktiva Produktif dan Rentabilitas untukMemprediksi Perubahan Laba pada Bank Umum Swasta NasionalDevisa dan Non Devisa. Jember. Universitas Jember. Skripsi (TidakDipublikasikan).
Meriewaty dan Setyani. 2005. Analisis Rasio Keuangan terhadap Perubahan Kinerja pada Perusahaan Di Industri Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Pembagunan Nasional.
Meythi. 2007. Rasio Keuangan Yang Paling Baik Untuk Memprediksi RetrunSaham: Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar DiBursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 9,No. 1, April. Pp47-65.
Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Edisi Pertama. Malang: Bayumedia Publishing.
Munawir, S. 2004.Analisis laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
------. 2010. Analisa Laporan Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.
Robert Libby, Patricia A. Libby, dan Daniel G. Short. 2008. Akuntansi Keuangan.Edisi 1. Yogyakarta: ANDI
Santoso, Iman. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting) – Buku Dua. Bandung: PT Refika Aditama
Saputra, Mokhamad Kamal. 2012. Faktor Internal yang Mempengaruhi ProfitabilitasEkuitas Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di KotaJepara.Skripsi. Jepara: Universitas Muria Kudus.
Sholeha, Neneng Roisatus. 2006. Analisis Pengaruh rasio Keuangan Terhadap SisaHasil Usaha (SHU) pada Koperasi Unit Desa (KUD) di Banyuwangi.Jember. Universitas Jember. Skripsi(Tidak Dipublikasikan).
Sudana, I Made. 2011.Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktek,Penerbit Erlangga, Jakarta
Sugiono, Arief dan Untung, Edi. 2008.Panduan Prakatis Dasar Analisa Laporan Keuangan:Pengetahuan Dasar bagiMahasiswa dan PraktisiPerbankan. Jakarta: Grasindo.
Suprihatmi dan Wahyuddin. 2003. Pengaruh Rasio Keuangan TerhadapKemampuan Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan-PerusahaanManufaktur Yang Terdaftar di PT Bursa Efek Jakarta. Jurnal ManajemenDaya saing, Vol.4, No.2.
Suwarno, Agus Endro. 2004. Manfaat Informasi Rasio Keuangan dalamMemprediksi Perubahan Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.Vol.3, no.2,September 2004.
Syamsudin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Takarini, Nurjanti dan Erni Ekawati, 2003, Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perusahaan Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Pasar Modal Indonesia.
Tatang, Ary Gumanti. 2011. Manajemen Investasi : Konsep, Teori, Dan Aplikasi.
Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 25 Tahun 1992 tentangPerkoperasian. 2007. Surabaya: Media Center.
Van Horne, James, C. And John, M. Wachowicz 2005. Prinsip-prinsip ManajemenKeuangan Buku Satu Edisi 12 (Ahli Bahasa: Dewi Fitriasari & Deny Arnos).Jakarta: Salemba Empat.
Warsidi, dan Pramuka, Bambang Agus. 2003. Evaluasi Kegunaan Rasio KeuanganDalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa yang akan Datangpada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Akuntansi,Manajemen, dan Ekonomi Vol.2 No.1.
Weston, J Freed dan Eugene Brigman. 2001. Dasar – Dasar Manajement keuangan Edisi 9. Jakarta: Erlangga.
Widiyanti & Sunindhia. 1998. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta:Rineka Cipta.
Section
Articles