KORELASI SIKAP TERHADAP SAINS DAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNMAS DENPASAR

  • Ida Bagus Ari Arjaya Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Sikap Terhadap Sains, Tingkat Kecemasan, Hasil Belajar

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis korelasi antara sikap terhadap sains  dengan hasil belajar mahasiswa, 2) untuk menganalisis korelasi antara kecemasan dengan hasil belajar mahasiswa, Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yang mencari hubungan antara variabel bebas yaitu sikap terhadap sains dan tingkat kecemasan terhadap hasil belajar statistika biologi mahasiswa. Teknik pengambilan sampel di dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang mahasiswa yang mengikuti matakuliah statistika biologi Jurusan Pendidikan Biologi Unmas Denpasar. Penelitian ini menggunakan kuisioner tingkat kecemasan mahasiswa (Anxiety Self-Rating Scale) yang mengacu pada instrumen yang dikembangkan oleh Komor (1999), instrumen sikap mahasiswa terhadap sains (Attitudes Toward Science Scale) yang dikembangkan oleh Smith et.al (2012), dan instrumen hasil belajar mahasiswa yang berupa essay. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson dan ANAVA Satu Jalur dengan menggunakan Uji LSD (Least Significant Different). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat korelasi antara sikap terhadap sains terhadap hasil belajar mahasiswa (r=738), 2) terdapat korelasi yang kuat antara tingkat kecemasan dengan hasil belajar mahasiswa (r=0,821). Hasil analisis komparatif lebih lanjut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan diantara masing-masing tingkat kecemasan terhadap hasil belajar mahasiswa.

References

Ader, E., & Erktin, E. (2010). Coping as self-regulation of anxiety: A model for math achievement in high-stakes tests. Cognition, Brain, Behavior, 14, 311–332. Retrieved from http://www.cbbjournal.ro/.
Cowden, P. (2010). Communication and Conflict: Anxiety and Learning. Research in Higher Education Journal,9.
Dobson, C.(2012). Effects Of Academic Anxiety On The Performance Of Students With And Without Learning Disablities And How Students Can Cope With Anxiety At School.Michigan. Northern Michigan University. Retrieved
fromhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjMko7Iu9rOAhXBqY8KHRVvC18QFggeMAA&url=https%3A%2F%2Fwww.nmu.edu%2Feducation%2Fsites%2FDrupalEducation%2Ffiles%2FUserFiles%2FDobson_Cassie_MP.pdf&usg=AFQjCNETwcC_ZW7RlBORsqzB7qDqSUMK9A&sig2=FL1jpp56TGd5RsiCHYs82g.
Fooley,B.J. & McPhee C.(2008).Students’ Attitudes towards Science in Classes Using Hands-On or Textbook Based Curriculum.Northridge:California State University.
Huberty, T. J. (2009). Test and performance anxiety. Principal Leadership, 10, 12–16. Retrieved from http://www.nasponline.org.
Osborne, J. (2003).Attitudes towards science: a review of the literature and its implications. International Journal of Science Education Vol. 25, No. 9. London: University of London.
Saputra, I G. E. (2009).Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi NOS (Nature Of Science) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 SingarajaTahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi (tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
Smith, M.C., David.A.W., Nigorahon H. (2012).A Structural Analysis of the Attitudes Toward Science Scale: Attitudes and Beliefs About Science as a Multi-Dimensional Composition
Sugiyono.(2008).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: CV. Alfabeta.
Vanin, J. R. (2008). Overview ofAnxiety andthe Anxiety Disorders Anxiety Disorders (Pp. 1-18): Springer.
Yager, R&Akcay, H.(2010).The Impact of a Science/technology/Society Teaching Approach on Student Learning in Five Domain. Journal Science Education Technology.19, 602-611
Section
Articles