STRATEGI MEMBACA NYARING PADA KELAS MEMBACA TINGKAT MAHIR

  • Luh Ketut Sri Widhiasih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nyoman Deni Wahyudi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: strategi membaca nyaring, kelas membaca tingkat mahir

Abstract

Penelitian yang menggunakan rancangan deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dari strategi membaca nyaring pada kelas membaca tingkat mahir. Fokus dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Reading IV yang diklasifikasikan sebagai kelas membaca tingkat mahir di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Data yang diperoleh pada penelitian ini berjenis data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari pengamatan, angket terbuka, dan wawancara terstruktur. Data diperoleh dengan menggunakan peneliti sebagai instrument kunci dan beberapa instrumen penelitian lain seperti catatan peneliti, daftar pertanyaan angket terbuka, dan daftar pertanyaan wawancara terstruktur. Hasil pengamatan, angket terbuka dan wawancara terstruktur dianalisis secara deskriptif menggunakan Model Interaktif. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategimembaca nyaring di kelas membaca mahir membuat mahasiswa (1) membangun kosakata dan pelafalan mereka; (2) mengembangkan pemahaman mereka terhadap struktur wacana; (3) mendorong pemahaman tingkat tinggi; (4) belajar pada konteks yang bermakna; dan (5) memiliki motivasi dalam membaca.

References

Beltchenko, Laura. 2011. The Components of Effective Read Alouds. Chicago Literacy Project
Duursma, E., Augustyn, M., and Zuckerman, B. 2008. Reading Aloud to Children: The Evidence. An Article in Arch Dis Child Vol 93 No 7
Koralek, Derry. 2001. Reading Aloud with Children of All Ages. www.rif.org
Miles, Matthew B. and Huberman, A. Michael. 1994. Qualitative Data Analysis, Second Edition .London: Sage Publications.
Trelease, Jim. 2006. The Read-Aloud Handbook. New York: Penguin Putnam.
Section
Articles