POSITIONINGPENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR DI KABUPATEN BADUNG SEBAGAI DESTINASI KREATIF DAN BERKELANJUTAN

  • Ni Made Bayu Wisnawa Dosen STIPAR Triatma Jaya
  • Putu Agus Prayogi Dosen STIPAR Triatma Jaya
  • I Nengah Aristana Dosen STIE Triatma Mulya
Keywords: kompetitif positioning, daya tarik wisata, strategi pengembangan

Abstract

Penelitian dengan judul POSITIONINGPENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR DI KABUPATEN BADUNG SEBAGAI DESTINASI KREATIF DAN BERKELANJUTAN bertujuan untuk memposisikan kawasan pesisir yang dijadikan sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Badung, sehingga setiap kawasan pesisir akan mengetahui potensi serta kelemahan yang dimiliki serta  keuntungan kompetetif yang dimiliki dengan mengembangkan suatu model penelitian  dengan teknikMultidimensional Scaling (MDS) dan Analysis Correspondence (ANACORR). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 330 responden dengan purposive sampling yang terdiri dari  wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, untuk diminta persepsinya terhadap positioning kompetitif  daya tarik wisata kawasan pesisir di Kabupaten Badung, sehingga dapat diketahui posisi kompetitif  daya tarik wisata yang ada pada kawasan pesisir yang ada di Kabupaten Badung, Bali.Adapun kawasan pesisir yang menjadi obyek penelitian ini terdiri dari 17 pantai, yakni : (i) Suluban, (ii) Nyangnyang, (iii) Padang-padang, (iv) Labuan Sait, (v) Batu Pageh, (vi) Samuh, (vii) Geger Sawangan, (viii) Nusa Dua, (ix) Tanjung Benoa, (x) Jimbaran, (xi) Kedonganan, (xii) Kuta, (xiii) Legian, (xiv) Peti Tenget,  (xv) Canggu,  (xvi) Seseh dan (xvii) Berawa. Setiap kawasan pesisir  memiliki keungulan yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga wisatawan akan memiliki banyak pilihan dalam menentukan keputusan untuk memilih daya tarik yang dapat memuaskan pengalamannya. Hasil yang sudah diperoleh pada tahapan ini:  (i) keseluruhan data sudah memenuhi uji validitas dan reliabilitas, (ii) Potensi masing-masing pantai sudah terdeskripsi berdasarkan atraksi wisata, amenities, ancelery, dan aksesibilitas dan (iii) Berdasarkan atraksi wisata , sebanyak 52,84% memiliki potensi atraksi wisata selancar; 11,75% menyelam; 17,65% memancing; dan 5,88% untuk olah raga air, (iv) Berdasarkan daya tarik wisata, sebanyak 23,53% memiliki potensi terumbu karang, 5,88% potensi sunrise spot; 52,94% sunset spot;  58,82% memiliki pasir putih; 17,65% memiliki dinding tebing; dan 29,41% memiliki kawasan suci. (v) berdasarkan jenis wisata 47,06% berpotensi wisata budaya dan keseluruhan obyek memiliki potensi wisata alam. Penelitian selanjutnya melakukan analisis MDS dan Anacorr serta melakukan focus group discussion.  

References

Anonim.2009. Indonesia di Peringkat 81 Pariwisata Dunia. Kompas.com.htm. Kamis 5 Maret 2009. 11.45.wib.
Anonim.2013.Obyek wisata di Kabupaten Badung.www.Badung.go.id
Anuar,et.al.2012. Understanding the Factors In fluencing Formation ofTourist Friendly Destination Concept. Journal of Management and Sustainability Vol. 2, No. 1; March 2012
Bonera,M .2008. The Vacation Decision Making Process: Tourism in The Garda Lake, Article in Convention 8Th Global Confrence on Business and Economics, Firenze, 18-19 October.ISBN:978-0-9742114-5-9.
Calantone, Roger, Di Benedetto, Anthony and Bojanic, David.2006.Multiple Multinational Tourism Positioning Using Correspondence Analysis. Journal of Travel Research, Vol. 28, No. 2, pp. 25-32, Fall 1989. Available at SSRN: http://ssrn.com/abstract=897202
Chacko,Harsha E. 1997.Positioning a Tourism Destination To Gain A Competitive Edge.[cited 26 Meret 2012) available from: http://www.hotel-online.com/Trends/AsiaPacificJournal/PositionDestination.html. 9:14 PM
Chamdani.2010.Pariwisata Mengikis Kemiskinan.Jakarta.Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan.
Moore,C.M and Helstein Richard L.2009.Positioning : The Importance of Marketing, Charlottesville, Virginia : University of Virginia Darden School Foundation.
Chen,C.F. dan Tsai,D.C.2007. How Destination Image and Evaluative Factors Affect Behavioural Intentions. Tourism Management, 28(4),1115-1122
Chen,J. dan Uysal,M.2002.Market Positioning Analysis : A Hybrid Approach. Annals of Tourism Research,29,987-1003
Cooper,Chris, Fletcher,John, Gilbert,David and Wanhill,Stephen.1999. Tourism Prnciples & Practice. Pitman Publishing.
Cooper, Donald and Shindler, Pamela,2001. Business Research Methods. Seventh Edition. USA:Mc GrawHill International Edition.
Day,Joh,C.2002.Zoning-Lessons from The Great Barier Reef Marine Park. Elsevier Ocean and Coastal Management 45 (2002) 139-156
Fridgen,Josep D.1996. Dimension of Tourism. Michigan: Educational Institute.American Hotel & Lodging Association.Michigan.
Goldner, Charles R and Ritchie J.R. Brent. 2006Tourism: Principles.Practise, Philosophies. (Tenth edition). Canada: John Wiley &Sons.
Gomezelj,D.O.2006.Competitiveness of Slovenia as a Tourist Destination, Managing Global Transitions, 4(2), 167-189
Gee,Chuck Y;Maken,James;Choy,Dexter J.L. 1997. The Travel Industry. USA: Van Nostrand Reinhold
Hanlan,J.,and Kelly,S.2005. Image Formation, Informaton Sources and An Iconic Ausralian tourist Destination.Journal of Vacation Marketing 11 (2),163-177
Kasali,R.2001.Membidik Pasar Indonesia Segmenting ,Targeting dan Positioning. Gramedia. Jakarta.
Kim,S.S. dan Agrusa,J.2005.Positioning of Overseas Honey Moon Destinations. Annual of Tourism Research, 30(4), 887-904
Kotler, Philip.2004. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium), Jakarta: Pearson Education dan Prehanllindo.
Kotler dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran. edisi 13 jilid 1.(Bob Sabran, Penterj) Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 1996. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Laws,E. 1995. Tourist Destination Management: Issues, Analysis and Policies. New York : Routledge.
Leiper, Neil.2004.Tourism Management.Australia: Pearson Education.
Lee,Seungwoo.John.2011. Volunteer Tourist’s Intended Participation: Using the Revised Theory of Planned Behavior. Virginia: Virginia Polytechnic Institute and State University
Liestiandre,Hanugerah Kristiono.2011. Analisis Positioning Bali Sebagai Destinasi Wisata. (tesis) Denpasar: Universitas Udyana.
Malhotra,Naresh.K. 2010.Basic Marketing Research:application to contemporary issues (International edition). Canada: Prentice Hall International.Inc.
Marcussen, Carl.2011.Forming Groups of European Destinations – Using Factor Analysis and Multidimensional Scaling. Budapest :Center for Regional and Tourism Research, www.crt.dk
Matos,Nelson;Mendes,Julio da Costa; Valle,Patricia Oom do. 2011. The impact of Tourism Expereineces in Destination Image The Case of The Algarve. Book of Proceeding Vol.II. International Conference on Tourism & Management Studies – Algarve. Pp.1057 – 1059.
Mayo,E.J. and Jarvis, L.P.1981. The Psychology of Leisure Travel : Efective Marketing and Selling of Travel Services. Boston : CBI Publishing Company
Mohamed, Badaruddin; Omar,Shida Irwana; Muhibudin,Masitah;Shamsudin,Nurhashikin.2009.MeasuringThe Competitiveness of Malaysian Tourism Cities Through The Application of Multi Dimentional Scaling Analysis: Paper disampaikan pada APTA, Incheon Korea: Emerging Tourism and Hospitality Trends 9-12 Juli 2009. pp 230 – 239.
Moscardo,Giana;Morrison,Alastair M; Cai, Liping; Nadkarni; O’Leary, Joseph T. 1996. Tourist Perspectives on Cruising : Multidimensional Scaling Analyses of Cruising and Other Holiday Types.The Journal of Tourism Studies Vol.7, No.2. hal.54 – 63.
Prentice, Richard and Andersen, Vivien. 2003. Festival as Creative Destination.Annal Tourism Research. Vol.30.No 1.pp 7 -30
Pritchard,M.P. dan Havitz,M.E,2006. Destination Appraisal : An Analysis of Critical Incidents.Annals of Tourism Research, 33(1), 25-46
Reisinger,Yvette. 2009. International Tourism:Cultures and Behaviours. UK:Elsevier Ltd.
Ritchie,Brent W and Palmer, Catherin. 2005. Tourism Research Methods. UK: CAB International.
Sewoyo, Alfian.2010.Pariwisata Mengikis Kemiskinan.Jakarta.Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan.
Shaw,Margaret.1992. Positioning and Price: Merging Theory, Strategy, and Tactics. Journal of Hospitality & Tourism Research;15;2.pp 31-39
Sudiarta, Nyoman, Suardana, Wayan, dan Ariana, Nyoman.2012.Kompetitif Positioning: Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Bali Sebagai Destinasi Kreatif (Aplikasi Analisis Multi Dimensional Scaling pada Kabupaten dan Kota di Bali), Denpasar : Fakultas Pariwisata Universitas Udayana
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Alfabeta
Valentin, Hapenciuc Cristian , Roman, Costică and Razvan, Viorescu. 2003.Marketing Research - An Useful Instrument in the Study of Touristic Field. Available at SSRN: http://ssrn.com/abstract=1098305
Wall, Geoffrey and Mathieson, Alister.2006. Tourism: Change,Impact and Opportunities. England: Pearson Education
Zhou,Lichen.2005. Destination Attributes that Attract International Tourists to Cape Town.Afrika Selatan : University of Cape Town
Section
Articles