ANALISIS EFEKTIVITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND IMAGE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PURCHASE INTENTION

  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Made Adnyana Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: celebrity endorer, brand image, purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah variabel celebrity endorser dan brand image berpengaruh terhadap purchase intention pada Produk Tolak Angin.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 responden, dimana teknik penentuan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah non probability sampling, yaitu kombinasi antara purposive sampling dan convenience sampling. Keseluruhan data dianalisis dengan bantuan WarpPls 4.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image, celebrity endorser berpengaruh positif terhadap purchase intention dan brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention. 

References

Batra, R., dan Homer, P.M 2004.The Situtional Impact of Brand Image Belief. Journal of Consumer Phsychology. 318-330.
Belch, George E & Michael A. Belch. 2003. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. Internasional Edition.New York : McGraw Hill
Darmansyah., Muhartini Salim., dan Syamsul Bachri. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 12, No. 2
Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2004. Persamaan Struktural, Konsep, dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver.5.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariri, Mahsa dan Hossein Vazifehdust. 2011. How does Brand Extension Affect Brand Image?.International Conference on Business and Economics Research. Vol1. IACSIT Press, Kuala Lumpur, Malaysia
Khatri, Puja. 2006. Celebrity Endorsement : A Strategic Promotion Perspective. Indian Media Studies Journal. Vol. 1. No. 1. July-Desember
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta : Indeks
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Ketigabelas. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi keduabelas.Jakarta : Erlangga
McCracken, G. (1989), "Who is the Celebrity endorser? Cultural Foundation of the
Endorsement Process".Journal of Consumer Research.16, (December), pp. 310-321.
Ohanian, Roobina . 1991. The impact of celebrity spokespersons' perceived image on consumers' intention to purchase.Journal of Advertising Research, Vol 31(1), 46-54.
Royan, Frans. 2004. Marketing Celebrities.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Rini, Endang Sulistya dan Dina Widya Astuti. 2012. Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 6, No 1 Januari 2012. Hal 1-12
Rossiter, John R dan Ale Smdts. 2012. Print Advertising : Celebrity Presenters.Journal of Business Research 65. 874-879
Schiffman, Kanuk dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh.Jakarta : Indeks
Sekaran, U. 2006. Metodelogi Penelitian untuk Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta :Salemba Empat

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi ke 5. Jakarta : Erlangga
Siswanto, Sutojo. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta : Damar Mulia Pustaka.
Stephanie, Elizabeth., Leonid J.R., dan Yohanes S. K. 2013. Analisa Pengaruh Rio Dewanto dan donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Gaya Tarik Iklan dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2, Hal 1-9
Sutantio, Magdalena. 2004. Studi Mengenai Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi; Studi Kasus Produk Sharp di Surabaya.Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.III
www.marketing.co.id, diakses tanggal 2 April 2015.
www.wikipedia.org/wiki/Nadine_Chandrawinata, diakses tanggal 22 April 2015
Section
Articles