STUDI KELAYAKAN BUKU AJAR IPA SD BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI LISAN

  • I Made Maduriana Pendidikan Biologi, FP MIPA, IKIP Saraswati, Tabanan, Bali
  • Ni Putu Seniwati Pendidikan Biologi, FP MIPA, IKIP Saraswati, Tabanan, Bali
Keywords: studi kelayakan, pendidikan karakter, tradisi lisan, pelajaran IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar IPA SD bermuatan pendidikan karakter berbasis tradisi lisan oleh siswa. Sebagai buku alternatif dalam belajar IPA dengan menggali tradisi lisan yang berkembang di masyarakat Bali yang disesuaikan dengan materi IPA SD menurut kurikulum 2013. Buku ini diharapkan memiliki fungsi pembelajaran IPA sekaligus pembentukan karakter siswa. Metode dalam penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dipakai untuk mengumpulkan data aktivitas dan respon siswa. Sedangkan metode kuantitatif dilakukan melalui metode penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dari SD Negeri 1 Gianyar dan SD Saraswati Tabanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi aktivitas yang memuat 10 item pengamatan. Data respon siswa dikumpulkan dengan angket respon yang memuat 20 pernyataan. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes formatif berjumlah 20 soal pilihan. Analisisdata dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif dan analisis statistik. Analsis deskriftif dipakai untuk data aktivitas dan respon. Analsis statistik untuk data prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa berada dalam katagori aktif, dan respon siswa berada pada katagori setuju. Buku ajar IPA SD bermuatan pendidikan karakter berbasis tradisi lisan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Akker, J.V. (1999).PrinciplesandMethodsofDevelopmentResearch.InJ.vamden Akker,RBranch,K Gustafson,N Nieveen andTj.Plomp(Eds).Design Approaches andTools in Education and Training (hlm. 1-14). Dodrecht : Kluwer AcademicPublisher
Barokah, W. 2013. Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Sebagai Materi Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. Surabaya: UPBJJ-UT
Kemendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas
Kemendiknas.(2010). PembinaanPendidikanKarakterdiSekolahMenengahPertama. Jakarta
Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madarasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Kemdikbud
Maduriana,I. M dan Seniwati, N.P. 2014.Integrasi Pendidikan KarakterBerbasis Tradisi Lisandalam PembelajaranIPA di SD.SuluhPendidikan/JurnalIlmu-ilmu PendidikanISSN:1829-894X. Volume12 Nomor 1.
Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Pusat Perbukuan Depdiknas. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. (Online). available from: http/www.dikdaski.go.id. (cited20Juni 2015).
Plomp.(2001).DevelopmentResearchin/onEducationDevelopment.Makalah disajikan padaSeminarNasional PendidikanMatematikaRealistik Indonesia.diUSD Yogyakarta: 14-15 November.
Wisudariani,NiMade Rai.(2013).Nilai-nilai KearifanLokalSastraBaliSebagaiPilar Pendidikan Karakter(Kajian Tembang Macepat/ Pupuh Ginada).Prosiding SeminarNasionalMengurai TradisiLisanMerajutPendidikan Karakter. Tabanan:Bekerja samadenganFPBSIKIPSaraswatiTabanan,BaliAsosiasi TradisiLisanIndonesia(ATLI)Bali.
Windhu, I.B.O, dkk. 1986. Permainan Rakyat Daerah Bali. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.
Wilujeng,I.2010.Implementasi Pendidikan KarakterdalamPembelajaranIPA. (Sains).Available from;: http://www.scribd.com/doc/137950192/2. Cited: 5 Sept 2014.
Section
Articles