ANALISIS EFEKTIVITAS BUKU IPA SEKOLAH DASAR TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS ERGONOMI

  • I Made Sudiana Pendidikan Biologi, FP MIPA, IKIP Saraswati, Tabanan, Bali
  • I Gede Sudirgayasa Pendidikan Biologi, FP MIPA, IKIP Saraswati, Tabanan, Bali
Keywords: efektifitas, buku IPA, kearifan lokal, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas buku IPA sekolah dasar terintegrasi kearifan lokal berbasis ergonomi dalam memfasilitasi siswa sekolah dasar berprestasi dalam bidang IPA. Metode penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Metode kualitatif dengan mengumpulkan data aktivitas dan respon siswa. Metode kuantitatif dilakukan melalui metode penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dari SD Saraswati Tabanan dan SD Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi. Data respon siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes.  Analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif dan analisis statistik.   Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa buku IPA sekolah dasar terintegrasi kearifan lokal Bali berbasis ergonomi yang dikembangkan, efektif dalam mengantarkan siswa sekolah dasar meningkatkan prestasi belajarnya ditambah dengan secara tidak langsung mampu turut melestarikan kearifan lokal.

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research : Planning, Conducting, And Evalua ting Quantitative And Qualitative Research. Boston: Pearson Education
Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. USA. McGraw-Hill.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories : An Educational Perspective (6th ed). Boston: Pearson Education, Inc
Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Sudjana, N. (2005) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Section
Articles