PENGARUH KECUKUPAN MODAL, DANA PIHAK KETIGA DAN PERTUMBUHAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Wayan Mita Patmiwati Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Profitabilitas, Kecukupan Modal, Dana Pihak Ketiga, dan Pertumbuhan Kredit

Abstract

Bank dalam melakukan kegiatan operasionalnya memiliki tujuan utama, yaitu dapat mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Profitabilitas adalah kemampuan bank dalam menghasilkan laba dengan efektif secara efisien. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh kecukupan modal, dana pihak ketiga, dan pertumbuhan kredit terhadap Profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2011sampai 2015. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 26 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecukupan modal tidakĀ  berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi 0,083. Variabel dana pihak ketiga berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan variabel pertumbuhan kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi 0,181.

References

Anggreni, Suardhika. 2014. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal, Risiko Kredit, dan Suku Bunga Kredit terhadap Profitabilitas pada Bank BUMN di Indonesia tahun 2010-212. E-Jurnal Akuntansi .9.1 (2014):27-38. Universitas Udayana
Brigham, Eugene F. dan Houston, Joul F. 2011. Manjemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Cahyani, Dana. 2012. Pengaruh Pertumbuhan Aktiva Produktif, Dana Pihak Ketiga, dan Ukuran Perusahaan terhadap profitabilitas lembaga pekreditan desa di kabupaten badung tahun 2010-2012. Jurnal 1050. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23. Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Dewi, Sujana, Sinarwati. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit, Pertumbuhan Kredit, Loan To Deposit Ratio, dan BOPO terhadap Profitabilitas LPD Desa Kecamatan Buleleng Periode 2011-2013. Universitas Pendidikan Ganesha
Ghozali. Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi 7 Semarang : BPFE Universitas Diponegoro.
http//www.idx.co.id.
Hasibuan. 2009. Dasar-dasar Penbankan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ismail. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Permana. 2013. Pengaruh dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets (ROA) pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Ratnasari. 2014. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Beban Penyisihan Piutang Tidak Tertagih Terhadap Laba Operasional pada perusahaan sektor perbankan (BUMN) periode 2006-2014. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sukma, Yoli Lara. 2009. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal dan Risiko Kredit Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011. Jurnal. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Sastrawan, Cipta, Yudiaatmaja. 2014. Pengaruh Pertumbuhan tabungan dan kredit terhadap profitabilitas pada lembaga pekreditan desa pakraman Banjar tahun 2007-2012. E-Journal Bisma Jurusan Manjemen (Volume 2 Tahun 2014). Universitas Pendidikan Ganesha.
Siamat, Dahlan. 1995. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Taswan. 2008. Akuntansi Perbankan Transaksi dalam Valuta Rupiah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN .
Section
Articles