ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK

  • Kadek Era Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Rustiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Merawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: fleksibilitas, keamanan, minat, akuntan.

Abstract

Profesi akuntan publik adalah profesi yang bertugas memberikan jasa kepada masyarakat. Peningkatan pengguna jasa akuntan publik tidak didukung oleh peningkatan pertumbuhan profesi akuntan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, fleksibilitas kerja, keamanan kerja, lingkungan kerja dan pertimbangan pasar kerja mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi menjadi akuntan publik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 244 orang responden terdiri dari mahasiswa program studi akuntansi semester enam di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Warmadewa dan Universitas Hindu Indonesia. Penentuan besarnya jumlah sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling serta pengambilan sampel dengan dengan teknik convenience sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, keamanan kerja, dan lingkungan kerja positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik. Fleksibilitas kerja dan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik. 

References

Arini, Ni Luh Juni. 2015. Minat Mahasiswa Akuntansi menjadi Akuntan Publik: Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Udayana dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Unversitas Mahasaraswati, Denpasar.
Asmoro, Tri Kusno Widi., Anita Wijayanti., dan Suhendro. 2016. Determinan Karir sebagai Akuntan Publik oleh Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi. Vol1,No.1.http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JAM/article/view/170/240.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM 23 SPSS. Semarang: BPFE Universitas Diponogoro.

Merdekawati, Dian Putri dan Ardiani Ika Sulistyawati. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Jurnal, Vol 13, No.1,pp. 9-10. Jurnal.widyamandala.ac.id.
Nurmayasari, Siska., dan Lilik Purwanti. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karier sebagai Akuntan Publik di KAP Big four. Jurnal.Malang.http://www.jimfeb.ub.ac.id /index.php/jimfeb/article/view/2679.
Rahayu, Sri., Sudaryono, Eko Arief., dan Doddy Setiawan. 2003. Pandangan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.
Rasmini, Ni Ketut, 2007. Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Keputusan Pemilihan Profesi Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik pada Mahasiswa Akuntansi di Bali, Buletin Studi Ekonomi, Vol .12, No.3,pp 351-356.http://ml.scribd.com/doc /61337232 /rasmini#scribd .
Sari, Maya. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Umsu Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 13, No 2. http://jurnal.umsu.ac.id//index.php/ akuntansi/article/view/148
Sarifpudin, Didin. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi S1 Dalam Memilih Karir Sebagai Auditor Internal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung. http://respository.widyatama.ac.id/xmlui /handle/12456789/ diakses pada tanggal 7 April 2016 pukul 13.50.
Saputra, Irfan Hadi. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi untuk Menjadi Akuntan Publik di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Semarang.Jurnal.Semarang.http://eprints.dinus.ac. id/17253/.
Siregar, Syofian. 2011. Statistika Deskripstif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta.
Yanti, Novri. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik. Jurnal Online Mahasiswa Vol. 1 No. 2. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON /article/view/4357.
www.forlap.dikti.go.id diakses pada tanggal 15 Mei 2016 pukul 13.45.
Section
Articles