ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PT. BANK MANDIRI TASPEN POS KANTOR PUSAT DENPASAR TAHUN 2013 – 2015

  • I Gusti Putu Yanusadha Yogiswara Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kredit, NPL, BOPO, NIM, LDR, dan ROA

Abstract

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit, selain itu bank juga harus menjaga kualitas kredit (NPL), melakukan efisiensi (BOPO), mengelola aktiva produktif (NIM), serta menjaga likuiditas (LDR). Tujuan dari usaha perbankan yaitu untuk memperoleh keuntungan. Tingkat kemampuan bank dalam mendapatkan keuntungan salah satunya diukur dengan Return On Asset (ROA). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kredit, Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Kinerja Keuangan (ROA) pada PT. Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Kantor Pusat Denpasar tahun 2013-2015. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Kantor Pusat Denpasar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan portofolio kredit dan dana serta laporan keuangan konsolidasi bulanan tahun 2013-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  regresi linear berganda, selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi serta dilakukan uji kelayakan model yaitu uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Kredit tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan (ROA), Net Interest Margin (NIM) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA), sementara Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA).

References

Alkhuza’yyah, Andi Nurul Azizah. 2013. Analisis Pengaruh CAR, BOPO, NPL, NIM, dan LDR terhadap Return On Asset (Studi Kasus Pada Bank Go Public di BEI Tahun 2009-2013). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.
Almilia, Luciana Spica dan Herdiningtyas, Winny. 2005. Analisis Rasio Camel Terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah Pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002. Jurnal Akuntansi, Vol. 7, No. 2, Hal. 131-147.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. 2010. Manajemen Perbankan Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Koch, T. and Scott. 2000. Bank Management, Harcourt Inc. Orlando.
Kuncoro, Mudrajat dan Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Mahardian, Pandu. 2008. Analisis Pengaruh Rasio CAR, BOPO, NPL, NIM, dan LDR Terhadap ROA (Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Tercatat di BEJ Periode Juni 2002–Juni 2007). Tesis Program Pascasarjana Magister Manajemen UNDIP.
Mawardi, Wisnu, 2005, Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Umum dengan Total Asset Kurang dari 1 Triliun), Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 14, No. 1, Juli, pp. 83-94.
Merkusiwati, Ni Ketut Lely Aryani. 2007. Evaluasi Pengaruh Camel Terhadap Kinerja Perusahaan, Buletin Studi Ekonomi, Vol. 12, No. 1.
Rivai, Veithzal dan Permata, Andria. 2006. Credit Management Handbook: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan Nasabah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rohmah, Mawar. 2013. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2011. Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sigid, Ahmad. 2014. Analisis Pengaruh Kredit dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Milik Pemerintah (Studi Kasus : PT. Bank Rakyat Indonesia, (Persero) Tbk. Periode Tahun 2011–2013). Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Surat Edaran Bank Indonesia No.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004 Perihal Pedoman Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum (CAMELS Rating). Bank Indonesia. Jakarta.
Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Ekonosia.
Section
Articles