PENINGKATAN RASIO KATALIS H-ZEOLIT/K UNTUK PRODUKSI BIODIESEL BERAZASKAN CRUDE PALM OIL

  • Eka Kurniasih Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Pardi Pardi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: Biodiesel, Crude ester, Crude Palm Oil, H-zeolit/K, Katalis

Abstract

Katalis H-zeolit/K adalah salah satu jenis katalis heterogen yang saat ini diperkirakan mampu menggeseer keberadaan katalis homogen seperti NaOH, KOH, dalam industri biodiesel. Penggunaan katalis heterogen dinilai lebih efektif karena tidak menghasilkan produk samping berupa sabun diakhir proses. Kondisi ini akan mempersingkat waktu produksi karena tahapan separasi produk samping dapat diabaikan. Dalam penelitian ini, digunakan katalis H-Zeolit/K untuk memproduksi biodiesel berazaskan crude palm oil (CPO). Rasio katalis H-zeolite/K divariasikan dari 2,5%-15% (b/b). Crude palm Oil sebelum digunakan sebagai bahan baku, diubah menjadi crude ester melalui reaksi esterifikasi untuk menurunkan kandungan asam lemak bebas (ALB). Melalui tahap esterifikasi ALB yang terkandung dalam CPO dapat diturunkan hingga 59%. Selanjutnya crude ester yang terbentuk ditingkatkan kandungan esternya melalui reaksi transesterifikasi menggunakan katalis heterogen H-zeolit/K. Parameter uji terhadap keaktifan katalis H-zeolit/K adalah kandungan ester dalam produk biodiesel yang dihasilkan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada rasio katalis H-zeolit/K 2,5% (b/b) diperoleh kandungan ester tertinggi sebesar 82,9983%. 

References

Buchori,L dan Widayat, 2009, “ Pembuatan Biodiesel dari Minyak Goreng Bekas dengan Proses Catalytic Cracking”, Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia, Bandung.
http://2012.acehinvestment.com/perusahaan-PMDN.html (diakses 14 Maret 2013).
Indonesian Comercial News Letter. Juni 2011. Industri Palm Oil Di Indonesia. http://www.datacon.co.id/Sawit-2011ProfilIndustri.html (diakses 18 Juni 2012).
Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak Dan Lemak Pangan. Universitas Indonesia Press. Jakarta
Kurniasih, Eka., Pardi., Raudah, Indrawati. 2012. Optimasi proses pembuatan biodiesel dari crude palm oil (CPO) menggunakan response surface methodology. Laporan Penelitian Politeknik Negeri Lhokseumwe
Sugiyono, Agus. Peluang Pemanfaatan Biodiesel Dari Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Solar Di Indonesia. http://www.oocities.org/markal_bppt/publish/biofbbm/bisugi.pdf (diakses 25 Juni 2012)
Susilowati, 2006, “ Biodiesel dari Minyak Biji Kapuk dengan Katalis Zeolit “, Jurnal Teknik Kimia, Vol.1, No.1, hal 10-14.
Yuliani, Fitri., Mira Primasari, Orchidea Rachmaniah dan M.Rachimullah. 2012. Pengaruh Katalis Asam (H2SO4) dan Suhu Reaksi Pada Reaksi Esterifikasi Minyak Biji Karet (Hevea brasillensis) menjadi biodiesel. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Zuhdi, MF., Aguk dan Bibit S Rahayu. 2005. Proses Pembuatan dan Karakteristik Biodiesel Dari Crude Palm Oil (CPO) Serta Teknik Blending Dengan Minyak Solar. Fakultas Teknologi Kelautan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Section
Articles