EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER

  • Ni Luh Juniasih Program StudiAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Mega Juli Semara Putra Program StudiAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Satria Nova Program StudiAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Efektivitas, Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer.

Abstract

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang pada umumnya bertujuan mencari laba atau keuntungan dengan mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya. PT Tiara Cipta Nirwana merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang kontraktor mechanical, electrical and plumbing (MEP). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan system informasi akuntansi berbasis computer pada PT Tiara Cipta Nirwana. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan dari kuisioner yang dikirimkan kepada 30 orang yang pekerjaannya terlibat langsung dengan media computer dan menggunakan system informasi akuntansi berbasis komputer. Adapun variabel yang di teliti pada penelitian ini antara lain terdiri dari 9 variabel yaitu: keamanan data, waktu, keekonomisan, ketelitian, kualitas informasi, relevansi, variasi laporan, kenyamanan fisik, dan teknologi informasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan teknik pengukuran menggunakan skala likert. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini bahwa efektivitas penerapan system informasi akuntansi berbasis computer,  jika dilihat dari masing-masing variable yaitu keamanan data, waktu, keekonomisan, ketelitian, kualitas informasi, relevansi, variasi laporan, kenyamanan fisik, dan teknologi informasi sebagian besar responden menyatakan efektif. Apabila dilihat dari total skor sebesar 6.745 penilaian dari keseluruhan variable skor tersebut berada pada Kriteria Efektif (KE).

References

Fanny, Margaretta dan Sylvia, Saputra. 2005. Opini Audit Going Concern: Kajian Berdasarkan Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (Studi pada Emiten Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.
Irfana, Muhammad Jauhan. 2012. Analisis Pengaruh Debt Default, Kualitas Audit, Opinion Shopping dan Kepemilikan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Lennox, C., 2000. Do Companies Succesfully Engage in Opinion Shopping?: Evidence from The UK. Journal of Accounting and Economics 29 (2000) 321-337. Department of Economics, University of Britol.
Lestari, Wahyu Puji. 2009. Pengaruh Financial Distress, Debt Default, Auditor Changes dan Opini Tahun Sebelumnya Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Property And Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 8 - No. 1. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Nanda, Fini Rizki. 2015. Pengaruh Audit Tenure, Disclosure, Ukuran KAP, Debt Default, Opinion Shopping dan Kondisi Keuangan Terhadap Opini Audit Going Concern (Pada Perusahaan yang Terdaftar Pada Index Syariah BEI).Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akutansi I Vol. 24 No. 1. Universitas Islam Riau.
Praptitorini dan Januarti. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Audit, Debt Default dan Opinion Shopping Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern.Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 8 - No. 1. Universitas Diponegoro
Putra, Boy Ardian Pradhana. 2012. Analisis Pengaruh Audit Tenure dan Financial Distress Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern. Skripsi. Fakultas Ekonomi Depok.
Ramadhany, Alexander. 2004. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan opini going concern pada perusahaan manufaktur yang mengalami financial distress di Bursa Efek Jakarta. Jurnal MAKSI. Vol. 4. Universitas Diponegoro.
Swastiningsih, Ni Luh Wayan Sri. 2013. Pengaruh Kualitas Auditor, Likuiditas, Dan Kondisi Keuangan Perusahaan Terhadap Penerimaan Asumsi Going Concern (Studi Empiris Pada Bank Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Wedari, Linda Kesumaning dan Arga Fajar Sentosa.2007. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Penerimaan Opini Audit Going Concern”. JAAI .Vol.11 No.2.
Ulya, Alfaizatul. 2012. Opini Audit Going Concern: Analisis Berdasarkan Faktor Keuangan dan Non Keuangan. Jurnal. Universitas Negeri Semarang
Yati, Yuli. 2011. Pengaruh Debt Default, Opinion Shopping, Kondisi Keuangan Perusahaan dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Section
Articles