SENI TRADISI GONDANG BUHUN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN EKOWISATA : UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN PANGANDARAN JAWA BARAT

  • Nia Emilda Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  • Ai Juju Rohaeni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  • Wanda Listiani Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
Keywords: Gondang Buhun, Pendidikan Karakter, Perempuan

Abstract

Gondang Buhun merupakan salah satu seni tradisi yang terdapat di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kabupaten Pangandaran. Seni tradisi ini terus dilestarikan oleh masyarakat setempat, selain sebagai hiburan, juga memiliki nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan sebagai pendidikan karakter bagi generasi muda, terutama kaum perempuan sebagai pelaku seni, sekaligus sebagai tonggak peradaban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu dengan mendeskripsikan proses internalisasi seni Gondang Buhun terhadap pendidikan karakter perempuan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang seni tradisi Gondang Buhun sebagai pendidikan karakter dan ekowisata serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

References

Asmani, Jamal Ma’mur, (2013), Buku Panduang Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press.
Budimansyah, Dasim, (2010), Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press.
Creswell, John W. (2010), Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elmubarok, Zaim, (2008), Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta.
Kesuma, Dharma, dkk., (2011), Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.
Sauri, Sofyan dan Herlan Firmansyah, (2010), Meretas Pendidikan Nilai, Bandung : Arfino Raya.
Section
Articles