PENGARUH KINERJA KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

  • I Kadek Bagiana Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sunarsih Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: kebijakan dividen, kinerja keuangan, ukuran perusahaan, investment opportunity set

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan setelah perusahaan beroperasi dan memperoleh laba. Kebijakan dividen menyangkut masalah penggunaan laba yang menjadi hak para pemegang saham atau keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau ditahan guna pembiayaan investasi di masa yang akan datang. Kebijakan dividen sering menimbulkan konflik kepentingan antara pihak manajemen perusahaan dengan pihak pemegang saham. Konflik kepentingan terjadi jika keputusan manajer hanya akan memaksimumkan kepentingannya sendiri dan tidak sejalan dengan kepentingan pemegang saham. Penetapan kebijakan dividen harus dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan perusahaan maupun pemegang saham. Keputusan pembayaran dividen juga akan mencerminkan kinerja perusahaan yang baik dan memenuhi harapan dari para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan dengan variabel likuiditas, profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan serta investment opportunity set terhadap kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2015. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 18 perusahaan manufaktur dengan total amatan sebanyak 72. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel likuiditas dan investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen sedangkan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen namun variabel solvabilitas berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen.

References

Dhira, Nindi Septia One, Novi Wulandari dan Nining Ika Wahyuni. 2014. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Djasuli, Mohamad, Gabrila Aniza Putri dan Gita Arasy Harwida. 2012. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Tingkat Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Infestasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.
Eko, Yudha S, Elok Sri Utami dan Sumani. 2014. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Otomotif di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23. Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Idawati, Ida Ayu Agung dan Gede Merta Sudiartha. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, h: 1604-1619.
Kardianah dan Soedjono. 2013. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Utang, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya. Vol. 2 No. 1.
Lopolusi, Ita. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Vol. 2 No. 1.
Mawarni, Luh Fajarini Indah dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2014. Pengaruh Kesempatan Investasi, Leverage dan Likuiditas pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, h: 200-208.
Natalia, Desy. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.
Utama, Made Suyana. 2011. Aplikasi Analisis Kuantitatif. Edisi Kelima. Buku Ajar Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.
Section
Articles