PENGARUH KINERJA KEUANGAN, INFLASI DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • Eka Maharto Putra Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Kepramerani Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gde Novitasari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kinerja Keuangan, Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Nilai Perusahaan

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan yang dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kinerja keuangan merupakan faktor internal yang mempengaruhi nilai perusahaan, untuk mengukur kinerja keuangan dapat menggunakan rasio-rasio keuangan yang berbasis pada laporan keuangan perusahaan. Rasio Keuangan dalam penelitian ini tergambar dari nilai Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER),  Return on Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). Faktor eksternal perusahaan dapat berupa kondisi makro ekonomi yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh current ratio, debt to equity ratio, return on equity, earning per share, inflasi dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh current ratio, debt to equity ratio, return on equity, earning per share, inflasi dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014 sebanyak 128 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel penelitian sebanyak 70 perusahaan selama empat tahun amatan dan jumlah amatan sebanyak 280. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan current ratio berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, debt to equity ratio, inflasi dan tingkat suku bunga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan return on equity dan earning per share berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Charitou, A., Gimeno-Gascon, F., Woo. C. Predicting Corporate Failure : Empirical Evidence For The UK. European Accounting Review, Vol.13, No.3.
Dewi, Ni Putu Suwarsinta. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Tingkat Inflasi Terhadap Harga Saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode (2009-2011). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati, Denpasar
Erica, Ade Ary. 2015. Pengaruh Keputusan Finansial, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode (2010-2013). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati, Denpasar.
Fahmi, Puput Arie. 2014. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Suku Bunga dan Kinerja Perusahaan Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Properti di Bursa Efek Indonesia periode (2010-2012). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati, Denpasar.
Hanafi, Mahmud M dan Halim, Abdul. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP YKPN.
Horne, V. 2005. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan, Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.
http://www.bi.go.id
http://www.idx.co.id
Kewal, Suramaya Suci. 2012. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Kurs, dan Pertumbuhan PDB terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. Jurnal Economia, Vol 8, No. 1, h: 53-64. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi, Palembang.
Martono, Nugroho Cahyo. 2009. Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan dan Nilai Tukar terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI(Kasus pada Perusahaan Manufaktur Periode Tahun (2003 – 2007). Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.
Nainggolan, P.2004. Cara Mudah Memahami Akuntansi. Jakarta: PPM
Noerirawan, Moch. Ronni. 2012. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode (2007-2010). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Pareira, Diego. 2010. Inflation, Real Stock Prices and Earnings : Friedman was Right. Garmendia.
Rahardja, Pratama dan Mandalla Manurung. 2008. Teori Ekonomi makro Suatu Pengantar. Edisi 4. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Rustam, Corry Winda Anzlina. 2013. Pengaruh Tingkat Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode (2006 – 2008). Jurnal Ekonom. Vol 16 No. 2, h: 67-75. Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujoko dan Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol 9 No. 1 Hal. 41-48.
Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rajawali Pers.
Utama, Made Suyana. 2011. Aplikasi Kuantitatif. Edisi Kelima. Dernpasar: Fakultas Ekonomi Udayana.
Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Cetakan pertama. Denpasar : Udayana University Press.
Wulandari, Dwi. 2010. Analisis Pengaruh Kebebasan Ekonomi dan Variabel-Variabel Ekonomi Moneter terhadap Harga Saham di Lima Negara ASEAN, Disertasi, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Manajemen Universitas Brawijaya.
Section
Articles