E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK INFERENSIAL

  • I Wayan Widiana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: e-modul, kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul statistik inferensial berorientasi pemecahan masalah, mengetahui kefektifan penggunaan e-modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul dalam perkuliahan statistik inferensial. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Plomp yang meliputi beberapa fase yaitu: 1) fase investigasi awal; 2) fase design/perancangan; 3) fase realisasi/konstruksi; 4) fase tes, evaluasi dan revisi; dan 5) fase implementasi. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) E-modul yang telah dikembangkan termasuk kategori berkualitas baik, 2) penggunaan e-modul dalam pembelajaran statistik inferensial dapat meningkatkan Hasil belajar statistik Inferensial dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, 3) tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul dalam perkuliahan adalah sangat positif

References

Anas Sudijono.2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Candiasa. I.M. 2009. Optimalisasi Portal E-learning Undiksha sebagai Komplemen Perkuliahan Konvensional. Makalah disajikan pada workshop yang diselenggarakan oleh LP3 Undiksha tanggal 5 Desember 2009.
Chaeruman, Uwes. 2010. E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta : Kemendiknas
Galvin, B. 2011. “A Blended Learning Course Teaching Information Literacy For Substance Use Prevention Work” Journal of information Literacy. Volume 5 issue 1. Hal 65-88.
Gozali, F. & Billion Lo. 2011. “Pemanfaatan Teknologi Open Source dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi ”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011
Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah
Muderawan, I.W. 2011. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasidan Aplikasinya dalam Pembelajaran”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011
http:// eXelearning.org
Nurchali.2010. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 16. Halaman 648 -658.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, BAB II Pasal 4.
Plomp, T. 1997. Educational and Training Sistem Design. Enschede: University of Twente
Purwaningsih, D dan Pujianto. 2009. “Blended Cooperative E-learning sebagai sarana Pendidikan Penunjang Learning Community” makalah disampaikan dalam seminar nasional UNY dengan tema Peranan ICT dalam Pembelajaran. Yogyakarta, 25 Juli 2009.
Santosa, P.I. 2011. “Model Konseptual Pemanfaatan teori Flow dalam E-learning”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011
Shadiq, F. 2012. Pentingnya pemecahan Masalah. Tersedia pada http://p4tkmatematika.org/file/problemsolving/Pemecahan_Masalah_SMP.pdf (diakses tanggal 10 Januari 2012)
Suarsana, I. M. & Ni Nyoman Parwati. 2007. Pengembangan Modul Teori Bilangan Berorientasi Penalaran Dan Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha
Sucita, I N. 2010. Pemetaan Kompetensi Guru Matematika. Majalah Saraswati. Edisi II. Halaman 15-17 Sunarto. 2011. Komunitas Pembelajaran. Tersedia di http://sunartombs.wordpress.com/2011/08/12/komunitas-pembelajaran-learning-community/(diakses 8 Nopember 2012).
Surjono, H.D., 2009. Pengantar E-learning dan Penyiapan Materi Pembelajaran. Puskom UNY
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Section
Articles