STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM UPAYA MENGANTISIPASI PERTUMBUHAN PASAR MODERN DI BALI

  • Luh Kadek Budi Martini Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar
  • Putu Kepramerani Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar
  • A.A Dwi Widyani Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar
Keywords: pasar, kekuatan, ancaman, kelemahan, peluang, strategi pengembangan

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah, untuk mengetahui : (1) faktor-faktor eksternal yang merupakan peluang (opportunities) dan ancaman (threats) bagi pengembangan pasar tradisonal di Bali; (2) faktor-faktor internal yang merupakan kekuatan (strengths) dan kelemahanĀ  (weaknesses) bagi pengembangan pasar tradisional di Bali (3) strategi pengembangan pasar tradisional. Lokasi penelitian ditetapkan di sembilan kabupaten/kota di Bali. Sampel penelitian 18 orang, yaitu kepala dan sekretaris pasar serta pedagang diĀ  masing-masing kabupaten/kota. Untuk mengetahui strategi pengembangan pasar tradisional digunakan analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats). Hasil penelitian menemukan, bahwa peluang pasar tradisional di masa yang akan datang adalah kebijakan revitalisasi pasar pasar tradisional, stabilitas keamanan yang kondusif dan kepedulian social terhadap pasar tradisional, sedangkan unsur yang menjadi ancaman adalah lemahnya adopsi teknologi informasi. Kekuatan-kekuatan di masa akan datang adalah mutu produk, lokasi pasar yang strategis, dan ketersediaan area parkir, penetapan harga fleksibel. Kelemahan yang dimiliki proses transaksi yang cepat, promosi dan kerjasama dengan industri pariwisata. Strategi pengembangan pasar tradisonal adalah Strategi Pertumbuhan.

References

Antony Jiju. 2012. A SWOT analysis on Six Sigmasome perspectives from leading academics and practitioners, International Journal of Productivity and Peformance Management, Vol.61 No.6, pp.691-698
Budi Martini Luh Kadek, 2012. Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Denpasar (Studi pada Pasar Sindu Desa Sanur Denpasar). Universitas Mahasaraswati Denpasar
Budi Martini Luh Kadek, 2013. Perubahan Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Pasca Revitalisasi (Studi pada Pasar Agung Desa Penatih Kec. Denpasar Utara kota Denpasar). Universitas Mahasaraswati Denpasar
Bayu Krisnamurthi, 2013. Revitalisasi Pasar Tradisional Sebagai Upaya Menunjang Aktivitas Ekonomi Masyarakat. LENSAINDONESIA.COM
Carlsen Jack and Andersson Tommy D, 2011, Strategic SWOT analysis of public, private and not-for-profit festival organizations, International Journal of Event and Festival Management, Vol. 2 No.1,pp.83-97
Comments, 2011. Pasar Tradisional vs Pasar Modern. http://hilmiarifin.com/pasar-tradisional-vs-pasar-modern/ Didounlod pada tanggal 2 Januari 2011
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, 2010. Program Revitalisasi Pasar Dalam Mengembangkan Pasar Tradisional. Pemkot Denpasar
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, 2008. Juklak Pasar Tradisonal. Pemkot Denpasar
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, 2012. Pengelolaan Usaha Pedagang Pasar Tradisional. Pemkot Kota Denpasar
Helms Marilyn M. and Nixon Judy, 2010. Exploring SWOT analysis-where are we now? A review of academic research from the last decade, Journal of Strategy ang Management Vol.3.No.3, 2010 pp.215-251
Koo Hannah, Chau Ka-Yin, Koo Leung-Chi, Liu Songbai, Tsui Shu-Chuen, 2010, A structured SWOT approach to develop strategies for the government of Macau, SAR. Journal of Strategy ang Management, Vol. 4 No. 1, pp 62-81
Tommy Blog's, 2013. Revitalisasi Pasar Tradisional Sebagai Upaya Menunjang Aktivitas Ekonomi Masyarakat. http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/15/03185351/pasar.tradisional.terjepit. Didounlod pada tanggal 27 Agustus 2013.
Section
Articles