PENGARUH PEMAHAMAN DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INDIVIDU DAN KINERJA UMKM PENGRAJIN PERAK

  • I Dewa Made Endiana Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Individu, Kinerja

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu pondasi dari perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah sangat memperhatikan perkembangan dan keberlangsungan hidup dari UMKM lewat beberapa program yang digulirkan untuk membantu dan memperhatikan keberadaan UMKM. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh UMKM yaitu terkait dengan sistem informasi akuntansi. Penerapan dan pemahaman system informasi akuntansi oleh UMKM akan membantu dalam menyediakan informasi yang berguna di dalam pengambilan keputusan. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan dan pemahaman sistem informasi akuntansi berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kinerja individu dan kinerja UMKM itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, maka diambil sampel  UMKM pengrajin perak di Celuk Kabupaten Gianyar untuk diteliti menyangkut pengaruh penerapan dan pemahaman sistem informasi akuntansi terhadap kinerja individu dan kinerja UMKM. Sampel diambil di Kabupaten Gianyar karena sentra pengrajin perak ada di Kabupaten Gianyar, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana penerapan dan pemahaman sistem informasi akuntansi. Sampel yang diperoleh adalah sebanyak 98 UMKM pengrajin perak. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung variabel pemahaman, penerapan sistem informasi, dan kinerja individu terhadap kinerja UMKM. Terdapat pengaruh langsung variabel pemahaman dan penerapan sistem informasi terhadap kinerja individu. Dan juga terdapat pengaruh tidak langsung variabel pemahaman dan penerapan sistem informasi terhadap kinerja UMKM. 

References

Amalia, Bachtiar dkk. 2010. Analisis Perbandingan Penghargaan Kkalitas Malcolm Baldrige National Quality Award Dengan European Quality Award (MBNQA vs EQA). Semarang: Universitas Diponegoro.
Amalia, Soraya. 2010. Persepsi Pegawai Pajak terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kinerja Individual.
Bodnar dan Hopwood. 2003. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali. 2014. Partial Least Squares, Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gorda, I Gusti Ngurah. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga. Denpasar : Astabrata Bali.
Hartono.2013. Pengaruh Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem Informasi Terrhadap Kinerja Individu (Studi Kasus Pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah). Skripsi. Universitas Diponogoro.
Indralesmana, Suaryana. 2014. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Nusa Penida. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana,8.1 (2014): 14-26
Jumaili, S. 2005. Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam Evaluasi Kinerja Individual. Solo: Simposium Nasional Akuntansi VIII.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Kedua. Bandung : PT. Refika Aditama.
Nisa, 2011. Strategi Pemasaran Untuk Usaha Kecil Menengah. (Online). (http://consumerbehavior.lecture.ub.ac.id/2011/12/strategi-pemasaranuntuk-usaha-kecil menengah/
Prastika.2014. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Pekalongan.JUrnal Litbang Kota Pekalongan.
Pinasti, Margani. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi No. 1/Vol. 3/Mei.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Romney, M.B, and Steinbart, J.P. 2008. Accounting Information Systems, 11th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Suhairi, Sofri Yahya & Hasnah Haron. 2004. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Makalah Simposium Nasional Akuntansi VII. Denpasar.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV. Alfabeta. Bandung
Wilya (2013), Pengaruh Sistem Informasi Akunttasi terhadap Kinerja UMKM, Skripsi Jurusan Akuntansi Universitas Syarif Hidayatulla.
Section
Articles