KAJIAN FITOKIMIA DAN POTENSI EKSTRAK DAUN TANAMAN MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) SEBAGAI PESTISIDA NABATI

  • Cokorda Javandira Staf Pengajar Program Studi Agroteknoologi, Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Widnyana Staf Pengajar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Suryadarmawan Staf Pengajar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Tanaman Mimba, Fitokimia dan Pestisida Nabati

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk yang bermutu, aman, sehat dan ramah lingkungan menuntut agar produk yang dihasilkan tersebut dihasilkan melalui proses yang tidak menggunakan pestisida kimia dalam budidaya tanaman. Pengendalian hama tanaman pada umumnya dengan mengaplikasikan pestisida kimia sintetis. Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan pestisida  adalah resistensi hama dan matinya musuh alami. Sehingga dalam proses budidaya tanaman diharapkan menggunakan pestisida yang ramah lingkungan. Salah satu tanaman yang memiliki potensi sebagai pestisida nabati yang ramah lingkungan yaitu tanaman Mimba (Azadirachta indica). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi daun tanaman mimba sebagai pestisida nabati serta menganalisis kandungan fitokimia pada daun tanaman mimba tersebut. Berdasarkan hasil analisa kandungan fitokimia, ekstrak daun tanaman mimba yang dilarutkan dengan air dan ekstrak daun tanaman mimba yang dilarutkan dengan air ditambah alkohol mengandung senyawa Alkaloid, Flavonoid, Tanin dan Kuinon. 

References

Aminah. 2001. S. rarak, D. metel dan E. prostata sebagai Larvasida Aedes aegypti, Cermin Dunia Kedokteran No. 131.
Apristiani, D. dan P. Astuti. 2005. Isolasi Komponen Aktif Antibakteri Ekstrak Kloroform Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss.) dengan Bioautografi. Biofarmasi. 3(2). 43-46.
Atmadja, W. R. 2010. Pemanfaatan Insektisida Nabati Nilam, Cengkeh dan Serai Wangi untuk Mengendalikan Ulat Grayak Spodoptera litura. Prosiding Seminar Nasional VI Peranan Entomologi dalam Mendukung Pengembangan Pertanian Ramah Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. Dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2010. Bogor. Hal 191-200.
Departemen Kesehatan RI. 1995. Materia Medika Indonesia. Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan. Jakarta. 389 hal.
Febrianti, N. dan D. Rahayu. 2012. Aktivitas Insektisidal Ekstrak Etanol Daun Kirinyuh (Eupatorium odoratum L.) Terhadap Wereng Coklat (Nilaparvata lugens Stal.). Prosiding Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS. Semarang. Hal 661-664.
Kardinan, A. dan A. Dhalimi. 2003. Mimba (Azadirachta indica A. Juss) Tanaman Multi Manfaat. Jurnal perkembangan Teknologi TRO. 15(01): 1-10
Rizal, M., I. W. Laba, T. L. Mardiningsih, M. Darwis, E. Sugandi dan C. Sukmana. 2011. Pemanfatan Pestisida Nabati Untuk Menurunkan Serangan Hama Wereng Coklat Nilaparvata Lugens Pada Padi > 80%. Laporan Teknis penelitian. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Bogor. Hal 253-259.
Yunita, E. A., Nanik H. S. dan Jafron W. H. (2009). “Pengaruh Ekstrak Daun Teklan (Eupatorium riparium) Terhadap Mortalitas dan Perkembangan Larva Aedes aegypti”. BIOMA. 11 (1).
Section
Articles