PENGARUH BUDAYA PATERNALISTIK DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA HUBUNGAN BUDGETARY GOAL CHARACTERISTICS DENGAN KINERJA MANAJERIAL

  • I Gede Cahyadi Putra Prodi Akuntansi, FE Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Prodi Manajemen, FE Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kinerja Manajerial, Budgetary Goal Characteristics, Budaya

Abstract

Kinerja manajerial merupakan salah satu faktor yang dapat dipakai untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Kinerja akan dikatakan efektif apabila pihak-pihak bawahan mendapat kesempatan terlibat atau berpartisipasi dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran yang disusun berdasarkan kehendak atasan tanpa partisipasi bawahan dapat menimbulkan kesulitan bagi bawahan untuk mencapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh budgetary goal characteristics terhadap kinerja manajerial dengan variabel budaya paternalistik dan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada hotel berbintang yang ada di Kota Denpasar. Pemilihan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut diperoleh 11 hotel berbintang yang ada di Kota Denpasar dijadikan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa budgetary goal characteristics berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Budaya paternalistik mempunyai pengaruh yang negatif pada hubungan antara budgetary goal characteristics dengan kinerja manajerial, sedangkan komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif pada hubungan antara budgetary goal characteristics dengan kinerja manajerial.

References

Ardika dan Darma Putra. 2004. Politik Kebudayaan dan Identitas Etnik. Denpasar : Fakultas sastra Universitas Udayana.
Arfan Ikhsan dan Muhammad Ishak. 2005. Akuntansi Keprilakuan. Jakarta : Salemba Empat.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Cetakan V. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro
Kenis, I. 1979. Effects of Budgetary Goal Characteristics on Managerial Attitudes and Performance. The Accounting Review Vol. LIV No. 4. pp 707. Diambil Mei, 2, 2015 dari http://www.jstor.org.
Munawar. 2006. Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Perilaku, Sikap dan Kinerja Aparat Pemerintah Daerah di Kabupaten Kupang. Disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) IX. Padang 23-26 Agustus 2006.
Murthi, Ida Ayu Mas M. dan Sujana, I Ketut. 2008. Pengaruh Budgetary Goal Characteristics Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Pemerintah Di Kota Denpasar. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.
Paramita, Citra Komang. 2006. Pengaruh Budgetary Goal Charateristics Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Budaya Paternalistik dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Cargo di Kota Denpasar. Skripsi Sarjana Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Denpasar.
Rahmawati, Fitroh . 2008. Analisis pengaruh Budgetary Goal Characteristics dengan Kinerja Manajerial, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi. Skripsi. Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ratnawati Kurnia. 2004. Pengaruh Budgetary Goal Characteristics Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Budaya Paternalistik dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VII. Denpasar Bali, 15-16 Desember 2004.
Statistik Pariwisata Bali 2014. Dinas Pariwisata Provinsi Bali
Wiratmi, Wangi., Yuniarta, Gede Adi., dan Atmadja, Anantawikrama Tungga. 2014. Pengaruh Budgetary Goal Characteristics Kinerja Manajerial dengan Budaya Paternalistik dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi. e-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2. No. 1. Singaraja.
Section
Articles