PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI

  • I Putu Mega Juli Semara Putra Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pengetahuan akuntansi, jiwa kewirausahaan, informasi akuntansi, pengambilan keputusan investasi

Abstract

Penggunaan informasi akuntansi dalam sebuah usaha sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha tersebut. Terutama dalam pengambilan keputusan investasi. Pengambilan keputusan investasi penting bagi kelangsungan usaha yang dimiliki seorang wirausaha. Pengetahuan akuntansi dibutuhkan oleh seorang wirausaha dalam penggunaan informasi akuntansi. Dalam penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi juga dibutuhkan jiwa kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan yang tinggi diperlukan untuk membuat seorang wirausaha ingin terus mengembangkan usaha yang telah dimilikinya, salah satu cara untuk mengembangkan usaha yang telah ada adalah dengan melakukan investasi. Dalam melakukan investasi, tentu harus ada acuan yang pasti yaitu informasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh pengetahuan akuntansi dan jiwa kewirausahaan terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi yang mengambil sampel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi akuntansi reguler Universitas Mahasaraswati Denpasar yang telah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi. Sedangkan jiwa kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi

References

Aprianto, Agus. 2014. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Skripsi Universitas Mahasaraswati, Denpasar.
Astuti, Era. 2007. Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Tesis Universitas Diponogoro, Semarang.
Belkaoui, Ahmed Riahi. 2000. Teori Akuntansi, Edisi Pertama, Alih Bahasa Marwata S.E., Akt, Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ke-5. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hidayah, Fitiriyah. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi dengan Variabel Pemoderasi Ketidakpastian Lingkungan. Skripsi Universitas Airlangga, Surabaya.
Hartono, Jogiyanto. 2011. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 7. Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.

Horngren, C.T,. W.T. Harrrison Jr.M.A. Robinson, ana T.H, Secokusumo. 2007. Akuntansi di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Jusup Al Haryono. 2005. Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta : STIE YKPN.
Kasmir. 2010. Kewirausahaan. Edisi 5. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Krisanti, Rina. 2012. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Skripsi Universitas Udayana, Denpasar
Priyambodo, Eko. 2010. Pengaruh Motivasi dan Mental Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran”, Jawa Timur.
Rai Juniariani, Ni Made. 2016. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Jiwa kewirausahaan pada Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pembuatan Keputusan investasi. Tesis Universitas Udayana, Denpasar.
Simamora, Henry. 2002. Akuntansi, Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, Aditya Fitri.2009. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Jasa Dikota Medan. Skripsi Universitas Sumatra Utara, Medan.
Sugiarto, Subekti Agus. 2010. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Dengan Ketidak Pastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi STIE Perbanas, Surabaya.
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Bisnis.Bandung:CV. Alfabeta.
Suhairi, Sofri Yahya, dan Hasnah Haron. 2004. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhasap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Simposium Nasional Akuntansi VIII, 1-19, Denpasar.
Suryana. 2008. Kewirausahaan. Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.
Suwardjono. 2002. Akuntansi Pengantar. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Trimurti, Titisari Kartika Hendra. 2005. Pengaruh Aspek Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Industri Makanan Berskala kecil di Surakarta.Gema Th. XVIII/33.
Winardi. 2003. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Kencana. Jakarta
www.unmas.ac.id
Section
Articles