STRATEGI OPINIONNAIRES: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA HUKUM

  • Anak Agung Putri Maharani PSP Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNMAS Denpasar
Keywords: kemampuan menulis, respon, strategi Opinionnaires

Abstract

Kemampuan menulis dalam bahasa asing sangat penting untuk mahasiwa yang kewajibannya adalah menulis berbagai tugas dengan menggunakan bahasa asing tersebut. Bagi mahasiswa hukum, fondasi menulis dalam bahasa Inggris adalah menggunakan bahasa Inggris dan mempelajari bidang studi hukum melalui bahasa asing ini. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) menginvestigasi peningkatan kemampuan menulis mahasiswa hukum dengan strategi Opinionnaires dan 2) menginvestigasi respon mahasiswa hukum terhadap penerapan strategi Opinionnaires. Subjek penelitian meliputi 32 mahasiswa semester 1 di fakultas hukum Unmas Denpasar. Untuk memperoleh data, dipergunakan tes kinerja, rubrik penskoringan, dan kuisioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisa secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis mahasiswa dalam bahasa Inggris mampu ditingkatkan dengan menerapkan strategi Opinionnaires. Secara kuantitatif, simpulan ini bisa dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata dimana pada pre-test adalah 59, skor rata-rata pada  post-test 1adalah 65, dan skor rata-rata pada pada post-test 2 adalah 76.5. Kemudian, subjek penelitian juga memberikan respon yang positif terhadap penerapan strategi ini yang dibuktikan dengan peningkatan persentase respon sangat setuju dan setuju pada siklus 1 dan siklus 2.

References

Batubara, Evalia and Rosa, Rusdi Noor. 2014. Using Opinionnaires Strategy in Teaching Writing A Discussion Text to Senior High School Students. Padang: State University of Padang. Available at http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/3706, downloade on 16 June 2016.
Hook Jc. and Evans B. 2004. Define Writing as A Tool for Communication. Available at http://www.sil.org/lingualinks/literacy/referencematerials/glossaryofliteracyterms/whatarewritingskills.htm, downloaded on 3 June 2016.
Marhaeni, A.A.I.N. 2005. Pengaruh Asesmen Portifolio Dan Motivasi Berprestasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris. Unpublished thesis: Universitas Negeri Jakarta.
White and Johnson. 2001. Opinnionaires/Anticipation Guide. Available at https://www.scribd.com/doc/61730989/Opinionnaire-Anticipation-Guide,downloaded on 17 June 2016.
Section
Articles