EFFECTIVENESS OF TELL-SHOW STRATEGY TO IMPROVE WRITING SKILL IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT

  • Parmita Dharmayanti, P.A. Teacher Training and Education Faculty Mahasaraswati Denpasar University, Bali, Indonesia
Keywords: meningkatkan keterampilan menulis, dan memberitahu-show strategi

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai. Namun, fenomena yang ada di sekolah jelas menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar menulis, terutama dalam menghasilkan dan mengatur ide-ide. Penyelenggaraan penelitian tindakan kelas ini terutama didasarkan pada adanya masalah dari mahamahasiswa semester kedua di tahun akademik 2015/2016 dimana keterampilan mereka dalam menulis teks deskriptif masih rendah. Hal itu dibuktikan dengan pencapaian pre-test mereka yanghanya 38,76. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah keterampilan menulis teks deskriptif dapat ditingkatkan melalui strategi tell-show, yang dilakukan dalam dua siklus. Temuan menunjukkan bahwa ada perbaikan yang berkelanjutan pada skor rata-rata mahamahasiswa setelah diberi perlakuan dalam dua siklus. Pada siklus I, skor refleksi 1 adalah 54,65 dan refleksi 2 adalah 60,71. Dari perhitungan didapatkan bahwa nilai rata-rata total pada siklus I adalah 57,68 dan itu membuktikan bahwa kemampuan menulis mahamahasiswa dianggap cukup memuaskan dengan menggunakan strategi tell-show. Refleksi selanjutnya menunjukkan bahwa skor dalam refleksi 3 adalah 66,92 dan skor dalam refleksi 4 adalah 79,52. Rata-rata dari siklus II adalah 73,22 yang berarti kemampuan menulis mahamahasiswa dianggap jauh lebih baik. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa nilai item A adalah 36,68%, item B adalah 58,59%, item C adalah 4,7% dan 0% untuk item D. Kesimpulannya, penelitian tindakan kelas ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks deskriptif dapat ditingkatkan melalui strategi tell-show; Selanjutnya, subjek menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan strategi tell-show dalam kegiatan menulis.

References

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Longman.
Harmer, J. (2007). How to teach English (2nd ed.). Edinburgh Gate, Harlow, Essex: Pearson, Longman.
Heaton, J.B. (1988). Writing English Language Tests. England: Longman.
Hogue, A. (2008). First Steps in Academic Writing Second Edition. New York: Longman
Kane, S. T. ( 2000). The Oxford Essential Guide to Writing. New York: Berkley Books
Kemis and Taggart, (1998). The Action Research Planner. Civtoria: Deakin University Press.
Oshima, A. and Hogue, A. (2007). Introduction to Academic Writing Third Edition. New York: Longman
Peha, S. (2010). The Writing Teacher’s Strategy Guide. Teaching that Makes Senses, Inc.
Pelton, R. P. (2010). Action Research for Teacher Candidates. UK: Rowman & Littlefield Publishers
Savage, A., and Mayer, P. (2005). Effective Academic Writing 2. New York, Oxford University Press
Weigle, S.C. (2002). Assessing Writing. UK: Cambridge University Press
Wyrick, J. (2005). Steps to Writing Well with Additional Readings 6th edition. Oxford: Oxford University
Zemach, D. E. and Islam, C. (2005). Paragraph Writing: from Sentence to Paragraph. Oxford: Macmillan
Zemach, D. E. and Rumisek, L. A. (2005). Academic Writing from Paragraph to Essay. Oxford: Macmillan.
Section
Articles