PERAN USAHATERNAK DOMBA SEBAGAI PENGAMAN FINANSIAL KELUARGA DI PERDESAAN Kasus Usaha Ternak Domba Pola Gaduhandi Kawasan Perdesaan Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu Jawa Barat

  • Sondi Kuswaryan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
  • Anita Fitriani Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
  • Siti Nurjanah Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Keywords: kontribusi pendapatan, usahaternak domba, keamanan finasial keluarga

Abstract

Penelitian telahdilaksanakan di perdesaan Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu,Jawa Barat dengan tujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi pendapatan usahaternak domba pola gaduhan terhadap pengeluaran rumah tangga, serta perannya sebagai pengaman finansial keluarga. Jumlah responden penelitian sebanyak51 orang peternak. Besarnya peran usahaternak domba sebagai pengaman finansial dianalisis dengan cash-flow bulanan rumahtangga peternak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pada skala usahaternak domba  sebesar 58,19 ekor/unit usaha, rata-rata pendapatan hasil gaduhan sebesar Rp. 10.443.227,00/unit usaha/tahun. (b) besarnya kontribusi usahaternak domba terhadap pengeluaran rumahtangga sebesar 60,11%.(c).Tanpa menyertakan nilai penjualan domba, cash-flowfinansial rumah tangga tiap bulannya bernilai negatif, dengan adanya usahaternak nilai cash-flow bernilai positif. Domba merupakan komoditas yang sangat fleksibel untuk dijual dalam memenuhi kebutuhan finansial keluarga yang sifatnya mendadak, oleh karena ituusahaternak domba di perdesaan sangat efektif untuk berperan sebagai pengaman finansial keluarga.

References

Chenyambuga, S.W., M. Jackson., E.E. Ndemanisho and D.M. Komwihangilo. 2014.
Profitability and Contribution of Smallholder Farmers in Babati ang Kongwa District,Tanzania. Livestock Reserach for Rural Development. 26 (2) 2014.
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu. 2012. Data Ternak Tahunan Kabupaten Indramayu. Indramayu.
Harianto, B dan Tim Penulis MT Farm, 2012. Bisnis Penggemukan Domba. Agromedia Pustaka. Jakarta
Hendayana, R. 2001. Kinerja dan Persfektif Kemitraan dalam Mendukung Pengembangan Agribisnis dalam Usahaternak Domba. Kasus Kemitraan dalam Usahaternak Domba
di Kabupaten Garut Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.
Ibrahim, J.T., Sutawi dan Jayus, 2013. Analisis Kinerja Program Pengembangan Usaha Sapi Potong Pola Gaduhan Sistem Revolving. Agrise. Vol. XIII. No 2. Mei 2013.
Isbandi dan D. Priyanto. 2004. Sumbangan Subsektor Usahaternak domba Dalam MendukungEkonomi Rumah Tangga di Desa Pasiripis dan Tegalsari, Jawa Barat. Pros. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Puslitbang Peternakan, Bogor. 314-322.
Kassa, H., R.W. Blake and C.F. Nicholson. 2003. The Crop-Livestock Subsystem and Livelihood Dynamics in the Harar Highland of Ethiopia. J.Sustain Agric. 20(3): 74.
Muktiani. 2011. Sukses Dengan Penggemukan Domba. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Priyanto, D., dan U. Adiati. 2008. Analisis Faktor-faktor Usahaternak Domba Dalam Mendukung Pola Diversifikasi Usahatani di Pedesaan. Prosiding : Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veterniner. Balai Penelitian Ternak. Bogor. 565-571.
Rubiono, B.E. 2006. Tatalaksana Pemeliharaan dan Perawatan Domba dan Kambing. Temu Nasional Tenaga Fungsional Pertanian 2006. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.
Soehadji, 1994. Membangun Peternakan Tangguh. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Padjadjaran. Bandung.
Section
Articles