PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI FOTOGRAFI BERPARTISIPASI

  • Dewa Ayu Puspawati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Putu Kaler Surata Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Ekayanti Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: kolaborasi fotografi berpartisipasi, kaji tindak, di dalam dan di luar ruangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan empat kompetensi dasar belajar (kepedulian, sikap, keterampilan dan pengetahuan) melalui pembelajaran kolaborasi fotografi berpartisipasi (KFB).  Untuk itu telah dilakukan pembelajaran kaji tindak melalui kombinasi kegiatan di dalam dan luar ruangan, yang melibatkan mahasiswa, guru dan siswa jenjang pendidikan menengah. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan rubrik, sedangkan uji Chi-square, uji Mann Whitney U-test dan Spearman Rank-Correlation digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan model KFB secara nyata dapat meningkatkan empat kompetensi dasar belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata kompetensi kepedulian, sikap, keterampilan dan pengetahuan siswa kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelompok kontrol. Diskusi tentang implikasi hasil penelitian dipaparkan dalam makalah ini.

References

Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa. Cetakan ke-1
Falk. I., and S.P.K. Surata. 2007. Real social capital in Bali: Is it difference from literature? Rural Society: The Journal of Social Capital and Rural Society. 17(3):201-312.
Jumadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. FMIPA UNY. Yogyakarta. [PDF Document]. Diunduh dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fstaff.uny.ac.id%2Fsystem%2Ffiles%2Fpengabdian%2Fjumadi-mpd-dr%2Fpembelajaran-kontekstual.pdf Diakses pada tanggal 12 Februari 2015.
Lansing. J. S. (2006). Perfect Order: Recognizing Complexity in Bali. Princeton: Princeton University Press.
Lansing. J. S., and T. A. de Vet. 2012. The functional role of Balinese Water Temples. Human Ecology, 40:453-467.
Orr. D. W., 1994. Earth in Mind: On education environment and the human prospect. Island Press: Washington.
Perry, B. (2009). Creating a culture of community in online courses. Diunduh dari http://auspace.athabascau.ca/handle/2149/2159. Pada tanggal 20 Februari 2015.
Puspawati, DA. 2013. Pembelajaran Berbasis Media KFB: Belajar Dari Potret Alam. Diperoleh dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CDkQFjAD&url=http%3A%2F%2Fjurnal.fkip.uns.ac.id%2Findex.php%2Fprosbio%2Farticle%2Fdownload%2F3062%2F2099&ei=BlsRU5elMsmIrQeN1ID4CA&usg=AFQjCNGffLF-wLUmjcf_V1NJ0VFRorKS3Q. Diunduh tanggal 1 Maret 2015.
Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul.[PDF Document] Makalah disajikan dalam pelatihan bagi para guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung, 12-14 Januari 2009. Diunduh dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=259419&val=7034&title=PENGEMBANGAN%20MODUL%20IPA Diakses pada tanggal 04 April 2015.
Surata. S.P.K. 2008. Structure and process in facilitating community action in Bali. Community Management of Biosecurity. Special Co-publication between Kritis (Journal of Interdisciplinary Development Studies – Indonesia) and Learning Communities (International Journal of Learning in Social Contexts – Australia). 75-89.
Surata. S.P.K. Jayantini. I.G.A.S.R., and I. Falk. 2011. Local food ecoliteracy: Small, real, local actions to promote education for sustainable development. Paper on International Education Cooperation for Sustainable Development in the Contex of Globalization: A Critical Appraisal. Seoul National University. Seoul. Korea.
Surata S.P.K., Widyana. I.K., and N. L. K. Martini. 2011. Accross Generation Ecoliteracy of Local Food as a Model for Promoting Sustainable Living to the Youth. Paper presented in Asian Pacific Regional Center of Expertise Conference. Yogyakarta.
Surata. S.P.K., Arnawa. I. K., dan I. G. A. S., Jayantini. 2012. Ekopedagogi: Pelibatan mahasiswa calon guru dalam integrasi lansekap budaya subak dan MapPack ke dalam kurikulum jenjang pendidikan dasar. Proceeding Seminar Nasional Cakrawala Pendidikan Berkualitas. Direktorat Pendidik dan Tenaga Pendidik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. 25-27 September 2012.
Section
Articles