PEMBANGUNAN MOBILE GIS PENCARIAN FASILITAS UMUM, TANAH DAN BANGUNAN NAGARI PADANG LUA, AGAM, SUMATERA BARAT

Deffryjun Tamin, Dodi Ichwana, Uyung Gatot, Surya Afnarius

Abstract


Di Desa Adat/ Nagari Padang Lua, Agam, Sumatera Barat, fasilitas umum, tanah, dan bangunan merupakan hal yang penting, namun objek - objek tersebut banyak yang tidak mempunyai informasi yang lengkap, terutama informasi mengenai lokasi objek. Sehingga masyarakat baik yang ada di Nagari atau yang ada di rantau mengalami kesulitan dalam mencari objek-objek tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan satu aplikasi mobile Geographic Information System (GIS) pencarian yang dilengkapi dengan rute terpendek ke lokasi objek. Paper ini melaporkan pembangunan aplikasi mobile GIS tersebut. Aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Fungsional aplikasi mobile GIS yang dibangun ini antara lain adalah pengguna dapat a) melihat posisi saat ini. b) melihat peta digitasi fasilitas umum, tanah dan bangunan, c) mengetahui lokasi fasilitas umum, tanah dan bangunan, d) melihat rute dari lokasi pengguna menuju fasilitas umum, tanah dan bangunan yang dipilih, e) melihat informasi fasilitas umum, tanah, atau bangunan, f) mencari lokasi fasilitas umum berdasarkan nama,  radius, atau jorong, g) mencari lokasi bangunan berdasarkan nomor atau pemilik bangunan, dan h) mencari lokasi tanah berdasarkan nomor objek pajak atau nama pemilik. Aplikasi tersebut diimplementasikan dengan menggunakan framework Basic4Android. Pada sisi server digunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan untuk basis data digunakan PostgreSQL/PostGIS. Fungsi-fungsi spasial PostGIS yang digunakan adalah ST_Centroid, ST_AsGeoJSON, ST_Contains, ST_X, ST_Y, ST_ExteriorRing, ST_Dump, ST_Intersect, ST_Distance_Sphere, ST_Union, ST_Buffer, dan PGR_Create Topology. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode black box testing dengan data fasilitas, tanah, dan bangunan Nagari Padang Lua. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat, mencari, dan mengetahui informasi dan rute ke lokasi objek di Nagari Padang Lua.


Keywords


Bangunan; Fasilitas umum; Mobile GIS; PostgreSQL/PostGIS; Tanah

Full Text:

PDF

References


B. P. S. K. Agam, Kecamatan Banuhampu dalam Angka, Agam: Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam, 2009.

R. Tamsir, “Tinjauan Yuridis Terhadap Fasilitas Sosial (Fasos) Dan Fasilitas Umum (Fasum) Pada Perumahan Dan Kawasan Permukiman Di Kota Makassar,†Universitas Hasanuddin, Makasar, 2012.

A. M.S, Adat Minangkabau Pola dan Tujuan Hidup Orang Minang, Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 2006.

E. Vianti, “Penyelesaian Masalah Lintasan Terpendek (Shortest Path) Menggunakan Algoritma A* (A Star Search),†UniversitasNegeri Malang, Malang, 2010.

pgRouting. Available: http:// pgrouting.org. [diakses 13 Januari 2015].

Are Social Ltd, “Digital Social Mobile,†Available: http://wearesocial.net/ blog /2015 /03/digital-social-mobile-apac-2015/. [Diakses 6 Juli 2015].

I. Sommerville, Software Engginering, Boston: Addison-Wesley, 2011.

Pressman, R. S. Sofware Engineering : A Practitioner's Approach (5 ed.). New York: McGraw-Hill, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.