PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BIPA

  • I Nyoman Suparsa FKIP Unmas
  • Ida Bagus Nyoman Mantra FKIP Unmas
  • Ida Ayu Made Sri Widiastuti FKIP Unmas
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Metode Pembelajaran, BIPA

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar metode pembelajaran BIPA. Peneliltian ini lakukan selama dua tahun dengan menggunakan metode Research dan Development sehingga produk yang dikembangkan dapat diyakini kebekenarannya dan keakuratannya. Penelitian itu dilakukan karena masalah penting yang sangat krusial dihadapi oleh  calon guru atau mahasiswa FKIP Unmas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan global dimana semakin banyaknya diperlukan guru BIPA. Disamping itu, Penelitian ini dilakukan berdasarkan program unggulan Unmas di bidang pendidikan guna mempersipkan mahasiswa agar menjadi guru yang profesional dan siap untuk menghadapi persaingan dunia kerja. Pada tahun pertama, penelitian difokuskan untuk membuat modul Metode Pembelajaran BIPA yang efektif dan kontekstual. Penelitian ini diawali dengan menganalisis materi ajar yang telah digunakan oleh institusi pembelajaran BIPA di Bali dan kemudian mengkonstruksi modul berdasarkan hasil analisis. Tahun kedua, penelitian difokuskan pada uji coba modul Metode Pembelajaran BIPA yang telah dirancang terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil analisis uji coba kemudian diadakan revisi modul Metode Pembelajaran BIPA sehingga modul Metode Pembelajaran BIPA dapat digunakan di FKIP Unmas Denpasar dan di berbagai institusi pembelajaran Bahasa.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Pengembangan Tes Bahasa Inggris komunikatif. Jakarta: BNSP
Berti segendra. 2014. Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.Semarang:
Penerbit Linggayoni Publishing
Bogdan Robert C & Biklen Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education. Masschutts:Allyn and Baco, Inc
Brown, Douglas H. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.
Dick, W. and Carrey, L. 1985. The Systematic Design of Instruction. Illinois : Scoot., Foreman and Company.
Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Depdiknas. 2004. Pedoman Penunjang Kurikulum 2004: Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar.
Dubin, Fraida dan Olshtains, Elite. 1992. Course Design: Developing Programs and Materials for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Finocchiaro, Mary dan Brumfit, Christopher. 1983. The Functional-Notional Approach: From Theory to PracticeStrategi Pembelajaran Bahasa. Oxford: Oxford University Press.
Littlewood, William T. 1986. Learning Foreignand Second Language. London: Cambridge University Press.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pandjaitan, Mutiara O. 2003. Penilaian Berbasis Kelas dengan Portfolio. A Seminar paper presented at Indonesia University of Education 2003
Sunendar, Dadang dan Iskandarwassid. 2009. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yalden, Janice. 1987. Principles of Course Design for Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Section
Articles