PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN: SEBUAH PENDEKATAN STRATEGI

  • Hutomo Rusdianto FE UMK Kudus
  • Amin Kuncoro FE Universitas Semarang
Keywords: Kualitas pelayanan, pendekatan strategi

Abstract

Dewasa ini pencapaian tujuan organisasi membutuhkan konsentrasi yang tinggi, agar semua pencapaian organisasi tercapai maka dibutuhkan langkah-langkah yang tepat, diantaranya adalah memaksimalkan potensi sumberdaya yang ada. Selain itu setiap tindakan organisasi harus didasarkan pada visi dan misi, sehingga hasilnya akan sesuai dengan harapan. Penelitian ini adalah berdasarkan pada penguatan teori kualitas pelayanan yaitu dengan menggunakan library research, yang mana penelitian mengacu pada kajian-kajian atau buku-buku yang relevan dengan kualitas pelayanan. Disamping itu apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan apa strateginya, kemudian kebutuhan apa saja sehingga kualitas pelayanan bisa maksimal. Peneliti tertarik melakukan kajian strategi kualitas pelayanan karena peneliti tertarik dengan berbagai metode dan teori-teori, kemudian dari berbagai teori tersebut peneliti menggunakan konter teori yaitu teori yang sedang baik atau track record nya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan etika yaitu menekankan kejujuran, hukum dan keadilan. Dengan demikian tidak ada yang menyangkal konsep penelitian ini sebagai panduan yang telah dipergunakan  oleh peneliti apakah telah adil menurut peneliti maka belum tentu  adil menurut orang lain, akan tetapi masih bersifat relative. Hasil penelitian ini adalah bahwa konstruk yang ada pada teori kualitas pelayanan menggunakan strategi yaitu mengkounter berbagai teori yang sedang berkembang di masyarakat kemudian digunakan untuk memberikan berbagai kegitan bisnis dalam kehidupan sehari-hari.

References

Chandra,B, 2005.Pengantar Kesehatan Lingkungan ,ECG, Jakarta.
Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandi Tjiptono, (2001) Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Parasuraman. (2001). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.
Rangkuti, Freddy, 2003. Konsep Pengukuran Kepuasan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Samuelson, Jeniston, 2000. Application of Quality Service Theory. Published by John Wiley and Sons, USA.
Siagian, Sondang P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Stemvelt, Robert C., 2004. Perception of Service Quality. Allyn and Bacon, Massachusetts. (Diterjemahkan oleh Purwoko).
Yun, C.Z., Yong, Y.W., Loh, L., 2003. The Quest for Global Quality. Pustaka. Delapratasa, Jakarta. (Diterjemahkan oleh Sutanto).
Section
Articles