IbM PENGOLAHAN IKAN MENJADI PRODUK WISATA KULINER PADA USAHA MIKRO DI KUALA SELAKAU

  • Tita Rosalina
  • Rossi Evita
Keywords: Pengolahan Ikan, Usaha Mikro, Wisata Kuliner

Abstract

Desa Kuala Selakau merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas yaitu di Provinsi Kalimantan Barat. Selain memiliki potensi di bidang perikanan, kecamatan ini juga memiliki potensi dibidang pariwisata, yaitu wisata bahari (Pantai Polaria), Wisata alam (Bukit Selindung) dan berbatasan langsung dengan Kota Singkawang, dimana Kota Singkawang merupakan ikon kota wisata di provinsi Kalimantan Barat. Mitra Iptek Bagi Masyarakat iniadalah Kelompok Kita Bersama dan kelompok Mutiara. Persoalan yang dihadapi mitra adalah, mitra belum bisa mengkreasikan olahan ikan menjadi produk olahan ikan lainnya. Sebelumnya kelompok mitra hanya mengolah ikan menjadi ikan asin, kerupuk dan terasi, sementara olahan ikan tersebut sangat ketergantungan dengan sinar matahari. Oleh karena itu, perlunya teknologi atau pengetahuan tentang diversifikasi produk olahan ikan yang tidak ketergantungan dengan sinar matahari.Metode dalam menyelesaikan permasalahan mitra dilakukan dengan memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan.Solusi yang ditransfer pada mitra yaitu :a. Pelatihan dalam pembuatan abon ikan pedas manis sebagai wisata kuliner maupun oleh-oleh wisata, b. Melakukan pendampingan manajemen usaha yaitu membuat analisis usaha secara sederhana.c. Merancang kemasan produk abon, d. Pendampingan dalam Strategi memasarkan produk abon ikan pada daerah sekitar maupun daerah tujuan wisata (destinasi wisata). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : 1. Telah tercapainya target yang diinginkan seperti, mitra mampu memfariasikan olahan ikan menjadi abon pedas manis sebagai wisata kuliner, mitra mampu dalam menganalis usahanya, mitra mampu merancang kemasan produk yang menarik dan mitra dapat memasarkan usahanya pada daerah sekitar maupun pada destinasi wisata. 2. Adanya keterlibatan dari masyarakat maupun pemerintah daerah setempat dalam memasarkan produk.

References

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas. 2013. Peta Kecamatan Selakau. URL: http://sambas.go.id/images/files/Kec.Selakau.jpg. Diakses pada tanggal 10 April 2015.
Herly, Dewi, Usaha Pembuatan Abon. URL: http://dewiherly.blogspot.com/2011/05/usaha-pembuatan-abon-lele.html. Diakses pada tanggal 20 April 2015.
Suhartini Nur dan Hidayat Nur, Olahan Ikan Segar. Surabaya ; Tiara Aksa: PT Trubus Agrisarana; 2005
Section
Articles