PEMBERDAYAAN KELOMPOK PRODUSEN BIOPESTISIDA DESA BREMBENG KABUPATEN TABANAN

  • Cokorda Javandira
  • Tjokorda Istri Praganingrum
Keywords: Pemberdayaan, KWT Tangkas Lestari dan Desa Berembeng

Abstract

Kelompok Wanita Tani Tangkas Lestari di Banjar Cekik Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali merupakan pioner yang diharapkan oleh pemda Tabanan sebagai pemasok biopestisida untuk seluruh subak yang menjadi sasaran program Gerbang Pangan Serasi. Dari hasil survey dan observasi pada kelompok mitra tersebut ternyata ada beberapa permasalahan yang masih perlu mendapat pendampingan terutama pada proses pembuatan yang masih sangat sederhana, alat-alat masih konvensional, dan manajemen usaha masih sangat sederhana. Pendampingan melalui program Ipteks bagi Masyarakat kelompok ini diharapkan akan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota kelompok dalam proses produksi biopestisida dan melatih untuk melakukan manajemen usaha. Pendampingan tersebut secara simultan akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan kelompok biopestisida ini khususnya bagi mendukung keberlanjutan program Gerbang Pangan Serasi Pemda Tabanan.

References

Anonymous. 2012. Tabanan dalam Angka Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Bali.
Anonymous. 2014. Profil Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Tabanan.
Bappeda Tabanan, 2012. Pemetaan Gerbang Emas dan Gerbang Pangan. Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Tabanan. Kota Tabanan.
Ditjen Dikti (2013). Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX. DIKTI.
Javandira, C. dan T. I. Praganingrum. 2015. Wawancara aktual dengan kelompok produsen Biopestisida di Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Dilakukan pada 20 Februari 2015 pada pukul 10.00 16.00 wita.
Setiawati, W., R. Murtiningsih, N. Gunaeni dan T. Rubiati. 2008. Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan. Balai Penelitian Tanaman Sayur. Lembang. 203 hal.
Section
Articles