IbM USAHA SENI UKIR KAYU DI DESA KELATING DAN DESA PENARUKAN KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN

  • I Nyoman Wiwana
  • I Wayan Sukarya
Keywords: usaha, seni ukir, kayu

Abstract

Mitra IbM ini adalah 2 kelompok usaha seni ukir kayu, yaitu Mitra I, kelompok usaha seni ukir yang ada di Banjar Dangin Jalan Desa Kelating; dan Mitra II, kelompok usaha seni ukir Taruna Kaya Banjar Penarukan Kaja Desa Penarukan. Kedua mitra berada pada satu kecamatan yaitu Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Bali. Jarak lokasi mitra sekitar 35 km dari Kota Denpasar. Tujuan program IbM ini adalah ingin membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan prioritas dari banyak permasalahan yangada, terutama berkaitan dengan aspek produksi. Kedua mitra belum memiliki pengetahuan sertapemahaman tentang teknik menggambar dan teknikmembuat ukiran motif-motif ornament tradisonal Bali,terutama pewayangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas, maka ditawarkan program sebagai beikut: Program pertama, memberikan pengetahuan menggambar dan teknik membuat ukiran denganmotif-motif tokoh pewayangan yang dilakukan dengan metode ceramah. Program kedua, praktek menggambar motif-motif ornamen tradisional Bali tokoh-tokoh pewayangan di atas kertas gambar. Program ketiga, praktek mengukir motif-motif tokoh pewayangan pada media daun pintu dan jendela khas Bali. Program ini dilakukan secara efektif selama 6 bulan, mulai Juni s/d Nopember 2016), setiap bulandiadakan4 kali pertemuansetiap hari Sabtu mulai pukul 09.00 wita sampai selesai. Lokasi kegiatan disepakati kedua mitra, pada satu lokasi diDesa Penarukan. Luaran dari kegiatan ini berupa laporan akhir, prototipe ukiran pada pintu dan jendela khas Bali, dan artikel ilmiah, yang dimuat pada jurnal pengabdian masyarakat Ngayah.

References

Arthanegara,I Gusti Bagus. 1977.Wayang Kulit Koleksi Museun Bali. Proyek Media Kebudayaan,Ditjen Kebudayaan Depdikbud RI.
Goris, Roelof. 1954. Prasasti Bali 1. Badung: N.V. Masa baru.
Kanta, I Made. 1977/1978.Proses Melukis Tradisional Wayang Kamasan. Denpasar : Proyek Sasana Budaya Bali,.
Katalog Pameran,1978.Wayang Kulit. Denpasar: Museum Bali,Dir. Museum, Ditjen Kebudayaan, Departemen P & K RI.
Katalog Pameran, 2008.Seni Lukis Wayang Kamasan.Denpasar: Disbud Provinsi Bali.
Renstra Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar
Suparta, Made. 2009.Macam dan Jenis Kerajinan di Kabupaten Karangasem. Hasil Penelitian I-MHERE, PS Kriya Seni FSRD ISI Denpasar.
Sepur, Wayan. 1978. Sudamala. Denpasar: Kantor Suaka Sejarah dan Purbakala.
Wiwana, I Nyoman..,Sukarya, I Wayan.. 2014. Kajian Ornamen Kuno pada Bangunan-bangunan Puri di Kabupaten Karangasem Bali. Hasi Penelitian.
Wikipedia bahasa Indonesia, 28 Januari 2015.
Yasana, I Made. 2005.Menggambar Wayang Klasik Bali. Diktar: Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar.
Section
Articles