PROGRAM IPTEKS BAGI PRODUK EKSPOR:PRODUK HERBAL DAN KOSMETIKA NATURAL BALI

  • I Gede Cahyadi Putra
  • Ni Putu Pandawani
  • Made Emy Andayani Citra
Keywords: Herbal, Kosmetika, Natural, Eksport, Bali

Abstract

Produk herbal baik yang berbentuk obat, suplemen maupun kosmetika telah diterima secara luas di negara berkembang maupun maju . Hal ini dipacu salah satunya oleh peningkatan usia hidup dan peningkatan kepedulian terhadap tingkat kesehatan dan kehidupan secara umum. Dengan adanya trend untuk back to nature, dari tahun ketahun maka terjadi peningkatan industry obat tradisional dan kosmetika. UD. Nadis Herbal berdiri tahun 2010 terletak di Banjar Sigaran, Desa Mekarbhuana, Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung Bali. Sampai saat sekarang telah memproduksi beberapa herbal dan kosmetika natural antara lain dalam bentuk teh herbal, lulur, minyak massage, body lotion, lotion pengusir nyamuk, dupa aroma-terapi, pelembab bibir dan cream pelembut kulit. Show room Nadis Herbal di Jln. Suweta No.15 Desa Ubud Gianyar Bali. UD. Angelo Store juga suatu usaha dalam bidang produk herbal dan kosmetika natural berlokasi di Jalan Sugriwa No. 10 Kelurahan Ubud , Kec. Ubud Gianyar. Produksi utama UD. AngeloStore adalah teh herbal, lulur, minyak massage, body lotion dan lotion pengusir nyamuk. Kedua UMKMyaitu UD. Nadis Herbal dan Angelo Store untuk keberlanjutan usahanya sangat berharap mendapatkan pembinaan dan bantuan dari pihak pemerintah dalam hal ini DRPM DIKTI melalui LPPM Unmas Denpasar secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi dengan melakukan pembinaan, pendampingan dan pembenahan manajemen, rantai pemasaran dan aspek lainnya yang saling berhubungan. Adapun kegiatan dalam solusi penyelesaian masalah dalam rencana jangka waktu tiga tahun adalah peremajaan dan pembenahan kebun dengan pemantapan ketrampilan tenaga pengelola kebun. Bantuan beberapa peralatan produksi utama yaitu alat pengering bahan baku, timbangan, pencampur, penghancur dan pemanas bahan serta alat pengepakan produk. Pelatihan disain kemasan dan cara pengepakan produk.Pembuatan Standardisasi (SPO) yang khusus terkait dengan kontrol kualitas produk. Pendampingan proses sertifikasi beberapa produk.Pemantapan dan konsultasi sistem pembukuan sesuai standar akuntansi keuangan (SAK).Penggunaan website dalam memasarkan produk serta pameran, pembuatan brosur-brosur serta katalog produk dengan desain yang menarik dan komunikatip. Pengadaan laptop untuk menunjang pembuatan website pada kedua mitra. Studi banding ke perusahaan yang lebih besar dan maju yaitu ke PT. Karya Pak Oles Tokcer. Serta Pembuatan program kasir dan stok produk untuk memudahkan sistem pengendalian intern persediaan unit usaha.

References

Carter. Usry. 2002. Akuntansi Biaya. Penerjemah Krista. Edisi 13. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
Badan Pengawas Obat dan Makanan . 2012. Tata Cara Registrasi atau Notifikasi dalam Rangka Peredaran Sediaan Farmasi dan Makanan
Departemen Pembinaan Koperasi.2010. Usaha Kecil dan Menengah Propinsi Bali, 2010. Laporan Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Badung.
Fakultas Farmasi dan LPPM UGM. 2012. Pemberdayaan Wanita Mandiri Berbasis Potensi Herbal.
Hansen, Don R. and Maryanne M. Mowen. 2004. Akuntansi Manajemen. Buku 1. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.
_______. (2005). Akuntansi Manajemen. Buku 2. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.
http:/www.shalimow.com/bisnis-online/pengertian-herbal-dan-beberapa-produknya. Html.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan.
Metadata Post. 2012. Pengertian Herbal dan Khasiat Tanaman Herbal.Januari 10th
Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
Section
Articles