PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK EKSPOR: PENGUATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN BATU ALAM NUSA TENGGARA TIMUR

  • Adrianus Amheka Politeknik Negeri Kupang
Keywords: Batu alam, Mekanisasi, Produktivitas, Produksi, Pemasaran

Abstract

IbPE atau sekarang disebut Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) yang telah dilaksanakan pada tahun pertama difokuskan pada peningkatan produktivitas, omzet dan aset antara lain: 1). Peningkatan mekanisasi produksi dari berbagai jenis produk batuan dengan variasi jenis yang diperlukan masyarakat; 2). Pengembangan desain jenis batuan dan sejenisnya dengan memperbanyak diversifikasi bentuk dan selera agar banyak diminati oleh pelanggan dalam negeri dan manca negara; 3). Menumbuhkan kembangkan kegiatan produksi Pemasaran melalui penataan showroom serta peningkatan promosi melalui kekerabatan untuk produk petongan batuan hasil diversifikasi. Metode implementasi yang dilakukan antara lain penerapan Mekanisasi alat pemotong dan perara batu alam serta desain produk gamping dan batu alam NTT; 2). Pengembangan dan penganeragaman produk, kualitas desain produk sesuai dengan filosofi masyarakat dan tujuan penggunaan batu alam tersebut; 3) Rencana pemasaran antar pulau dan atar negara sesuai minat pelanggan seperti desain produk dan pemilihan jenis batuan dalam rangka terjalinnya kerjasama saling menguntungkan antara mitra ekspor.

References

Amheka, A., 2016. Mekanisasi dan Diversifikasi Produk Kopra NTT untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Antar Pulau. Ngayah Vol.7 (2). Forum layanan Ipteks bagi Masyarakat (FlipMAS) ISSN: 2087-118X.
Amheka, A., 2016. Mekanisasi dan Diversifikasi Produk Kopra NTT untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Antar Pulau. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar
BPS NTT. 2016. Nusa Tenggara Timur Dalam Angka. Kupang: Laporan Indeks Pembangunan NTT.
Central Batu alam dan Pesona Batu alam., 2016. Data sekunder Profil UKM.
Taopan, H., 2009. Laporan penelitian Strukutur batuan Pulau Timor, NTT. Undana
Sularso.2007. Elemen Mesin, Jakarta: Pradnya Paramita.
Sulisno. 2002. Fisika Untuk Universitas, Bandung: ITB Press.
Section
Articles