Login or Register to make a submission.

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI CALON PENULIS NGAYAH

Naskah merupakan aplikasi IPTEKS kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan gagasan inovatif dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah atau tidak sedang dalam proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain (diperkuat dengan surat pernyataan).

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan ringkasan eksekutif dalam bahasa Inggris dan disertai kata kunci, maksimum tujuh kata. Panjang ringkasan eksekutif maksimum 500 kata. Naskah diketik dengan dengan pengolah kata MS Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, spasi 1,15 dan dicetak pada kertas A4. Panjang naskah maksimal 15 halaman.

 

Sistematika penulisan artikel (dan penjelasannya) mengikuti urutan sebagai berikut.

Judul Artikel

Merefleksikan sumber inspirasi PPM yang ditangani, jika diperlukan dapat mencantumkan lokasi kegiatan

Nama dan Institusi Penulis

Tuliskan nama penulis utama [diletakkan paling depan],  diikuti nama anggota tim lainnya, tanpa gelar. Jika anggota tim berasal dari PT berbeda, cantumkan identitas institusi masing-masing, misalnya I Ketut Triskana1, I Nyoman Maskara2

1 Universitas Pendidikan Ganesha

2 Universitas Dwijendra

Cantumkan identitas, alamat institusi, disertai alamat e-mail penulis utama

Ringkasan Eksekutif

Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, maksimum 500 kata. Memuat urain tentang latarbelakang, sumber inspirasi, metode, karya utama, ulasan karya, kesimpulan, dampak dan manfaat. Kata-kata kunci maksimum 7 kata.

  1. A.   PENDAHULUAN

Menguraikan tentang: (1) Fakta-fakta yang menginspirasi dan menjadi fokus pelaksanaan kegiatan PPM; dapat berupa tantangan PT, persoalan atau kebutuhan usaha kecil/menengah, masyarakat; (2) Kondisi eksisting sumber daya usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT; (3) Upaya-upaya yang pernah diterimakan pihak lain kepada usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT; dan (4) Tujuan utama kegiatan .

  1. B.   SUMBER INSPIRASI

Sumber inspirasi tidak berarti mitra kerja atau PT sendiri, melainkan tantangan, persoalan atau kebutuhan PT, dunia usaha atau masyarakat yang aktual Uraikan tentang persoalan atau kebutuhan pokok usaha kecil/menengah, masyarakat, yang disepakati bersama untuk diselesaikan atau tantangan pokok PT yang menjadi target kegiatan.

  1. C.   METODE

Menguraikan teknik atau cara menyelesaikan tantangan, persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan atau kesepakatan bersama. apat dipilih salah satu metode atau kombinasi dua atau beberapa metode berikut: (1) Pendidikan Masyarakat. Untuk kegiatan a) training seperti in-house training; b) continuing education; c) training penyegaran keilmuan, d) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman (misalnya dalam bidang hukum, agama, peraturan) sehingga menyadarkan masyarakat akan adanya kemungkinan kesalahpahaman; (2) Konsultasi Untuk kegiatan dimana persoalan atau kebutuhan usaha kecil/menengah atau masyarakat diselesaikan melalui jasa konsultasi dengan PT; (3) Difusi Ipteks.Untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen baik internal maupun eksternal PT; (4) Pelatihan. Untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan, diikuti dengan demonstrasi untuk mengkonstruksikan atau merealisasikannya; b) melatih mengoperasikan sistem atau peralatan yang dihibahkan; c) atau kegiatan untuk membentuk kelompok wirausaha baru, d) PT yang menawarkan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat; (5) Mediasi. Untuk kegiatan a) pelaksana PPM dalam kegiatannya menempatkan diri sebagai penengah atau mediator dari pihak-pihak yang bertikai; b) atau bersama-sama masyarakat menyelesaikan persoalan yang memerlukan jasa institusi pemerintah atau swasta; (6) Simulasi Ipteks. Untuk kegiatan dimana karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya yang bertujuan guna menjelaskan tentang sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebagaimana seharusnya secara fisik atau nyata; dan (7) Substitusi Ipteks. Untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru, lebih modern dan efisien kepada usaha kecil/menengah, masyarakat dengan menggantikan penguasaan ipteks lama. Dalam bab ini juga dimuat teknik pengumpulan dan analisis data.

  1. D.   KARYA UTAMA

Menguraikan atau memuat tentang : (1) Istilah atau model (untuk jasa, keterampilan baru, sosial budaya baru), dimensi dan spesifikasi (untuk barang/peralatan) yang menjadi karya utama kegiatan sebagai solusi yang diterimakan kepada masyarakat langsung ataupun tidak langsung; (2) Foto-foto yang relevan dengan jasa atau barang yang dituliskan sebelumnya sebagai karya utama

  1. E.   ULASAN KARYA

Menguraikan tentang: (1) Keunggulan dan kelemahan karya yang disebutkan dalam butir D diserasikan dengan kondisi usaha kecil/menengah, masyarakat atau konsumen; dan (2) Tingkat kesulitan pelaksanaan atau pembuatannya dan peluang untuk pemasalahannya.

  1. F.   KESIMPULAN

Nyatakan tingkat ketercapaian target kegiatan di lapangan. Ketepatan antara persoalan, kebutuhan atau tantangan yang ditangani dan metode yang diterapkan

  1. G.  DAMPAK DAN MANFAAT KEGIATAN

Menguraikan tentang: (1) Perubahan sosial atau budaya mitra menggunakan indikator kinerja yang umum digunakan di  bidang keilmuan masing-masing (termasuk di dalamnya perubahan dalam kemampuan mengelola pembukuan, penggunaan internet dalam pemasaran, sadar lingkungan dan lain-lain); dan (2)Perkembangan perekonomian mitra atau PT setelah kegiatan berakhir menggunakan indikator kinerja perusahaan seperti omzet atau revenue tahunan atau lainnya

  1. H.  DAFTAR PUSTAKA

Ditulis mengikuti model Vancouver (berdasar atas nomor urut)

(1) Prabowo GJ, Priyanto E. New drugs for acute respiratory distress syndrome due to avian virus. N Ind J Med. 2005;337:435-9. 

(2) Feinberg TE, Farah MJ, editors. Behavioural Neurology and Neuropsychology. Ed ke2. New York: McGraw-Hill; 1997.

(3) Morse SS. Factors in the emergence of infectious disease. Emerg Infect Dis [serial online] 1995 Jan-Mar; 1(1):[24 screens]. Available from: URL: http://www/cdc/gov/ncidoc/EID /eid.htm. Accessed December 25, 1999.

  1. I.     PERSANTUNAN

Penyampaian ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang paling berperan dalam mem­bantu kelancaran kegiatan, misalnya penyandang dana, PT mitra kerja, pemerintah kabupaten atau kota, pimpinan PT.

Tabel dan gambar diberi nomor dan judul.Gambar harus asli dan jelas dan merupakan satu kesatuan dengan file naskah (bukan tempelan). Grafik dan foto akan dicetak dalam format hitam dan putih, kecuali atas permintaan penulis dengan catatan biaya percetakan ditanggung penulis.

Semua naskah ditelaah secara anonim oleh penyunting ahli (reviewer) menurut bidang kepakarannya. Penulis melakukan revisi berdasarkan masukan dari penyunting ahli. Kepastian pemuataan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.

PEMBIAYAAN

  • Penulis yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per artikel. Sebagai imbalannya, penulis menerima 2 (dua) eksemplar majalah NGAYAH. Biaya kirim sebesar Rp. 50.000, dan penambahan 1 (satu) majalah l dikenakan biaya Rp. 75.000. 
  • Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Naskah dikirim dalam bentuk hard copy dan soft copy ke alamat: Sekretariat NGAYAH: LPPM Universitas Mahasaraswati Denpasar, Jalan Kamboja 11A Dps-Bali atau melalui email: flipmasngayah@yahoo.com, dan widnyanaketut@gmail.com..
  • Biaya langganan pertahun (dua kali terbit) dan termasuk ongkos kirim: (1) Pulau Bali : Rp 400.000; dan (2) Luar pulau Bali: Rp 500.000. Biaya penerbitan dan langganan dikirim melalui Rekening BNI (cabang Kreneng Denpasar): No. 0314105180. an. Flipmas Ngayah Bali.
  • Copy tanda bukti pengiriman/transfer mohon dikirim ke email diatas

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.