Ib.W. DESA BALUK DAN DESA KALIAKAH KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA PROPINSI BALI

  • Tri Djoko Setyono Pendidikan Matematika FKIP UNMAS Denpasar
  • I Made Sudiana Pertanian Lahan Kering IKIP Saraswati Tabanan
  • Ni Wayan Rustiarini Akutansi FE Unmas Denpasar
  • I Ketut Widnyana Agroekoteknologi FP Unmas Denpasar
Keywords: Ib.W, SDM Pelaku Ekonomi, Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, 10 kegiatan, Pencapaian 84%

Abstract

Desa Kaliakah dan Desa Baluk berjarak 116 km dari kampus UNMAS Denpasar. Berdasarkan RPJMD Pemkab. Jembrana tantangan pokok yang perlu dipecahkan dan dihadapi setelah tahun 2015 meliputi aspek SDM pelaku ekonomi, aspek kesehatan, dan aspek pendidikan. Berdasarkan RPJMDes dua desa sasaran diidentifikasikan permasalahan dari ketiga aspek yang dipilih, dikemukakan solusi dan pendekatannya, dirumuskan target luarannya, baru disusun program 3 tahun.            Hasil audensi dengan Penghkab. Jembrana, masukkan saat presentasi visiting dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti, dan pengembangan program melalui pertemuan aparat dan pelaksana kegiatan ditiap bidang dua desa sasaran, serta mempertimbangkan kemampuan anggota tim disusun program tahun pertama tahun 2016. Terdapat 10 kegiatan tahun pertama, di bidang ekonomi adalah: penguatan manajemen dan bantuan peralatan produksi bagi kelompok tani ternak dan IRT, praktek pembuatan pupuk organik, dan praktek keterampilan tata rias busana adat Bali. Di bidang kesehatan:   penyuluhan pentingnya gizi bagi ibu hamil dan Balita, bantuan APE dan timbangan bayi untuk Posyandu, penyuluhan penanggulangan Narkoba-AIDS-Penyakit Masyarakat bagi generasi muda dilanjutkan pemasangan slogan, dan denplot TOGA. Di bidang pendidikan: penyusunan RPP Tematik K-13 yang direvisi, pelatihan komputer bagi prajuru adat, dan penyuluhan kewirausahaan.Metode yang digunakan dengan pendekatan Partisipatory Action  Reseach(PRA) baik saat penyuluhan, pelatihan/workshop, pendampingan, dan monitoring.Sampai makalah ditulis 7(tujuh) kegiatan tercapai 100%, 3 (tiga) kegiatan yaitu pelatihan komputer bagi prajuru adat (baru 50%), Denplot TOGA (50%), dan bantuan peralatan produksi bagi IRT (baru 40%), sehingga total pencapaian program 84%. Kendalanya jarak tempuh desa sasaran, dana belum turun, tidak ada bantuan dana dari Pemkab. Jembrana. 

References

Andre Gunder Frank. 1976.Sociology of Development and Under Development of Sociology. Pluto Press (Terjemahan oleh Yiss) Pustaka Pulsar.
Bintarto, Tjokroamidjojo. 1982.Pengantar Pemikiran tentang Teori dan Strategi Pembangunan NasionaL Jakarta: Gunung Agung.
Briant and White. 1987.Manajemen Pemhangunan. Jakarta: LP3ES.
Chamber Robert 1983.Pemhangunan Desa. Jakarta: LP3ES.
Desai AR. 1983.Sosiologi Sebuah Pengantar Kepada Penataan Kembali Pedesaan dalam Hak dan Keutuhan Desa. Jakarta: Lembaga Studi Pembangunan.
Eka Martinngsih NGAG, dkk. 2009. Usulan Program Ib.W Desa Angkah dan Desa Bengkelsari Kecamatan Selemadeg Barat Tabanan Bali 2010/2013. Arsip LP2M Unmas Denpasar.
Legawa, dkk. 2013. Laporan tahun pertama Program Ib.W Desa Wranasari dan Desa Tukadanya Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Propinsi Bali Tahun 2013.Arsip LP2M Unmas Denpasar.
Pemdes Kaliakah.2010. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) 2010-2014. Arsip Kantor Desa Kaliakah.
Pemdes Baluk.2010. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) 2010-2014. Arsip Kantor Desa Baluk.
Sumodiningrat, Gunawan. 1998.Pembangunan Perekonomian Rakyat. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Usman, Sunyoto. 1998.Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Section
Articles