IPTEK BAGI MASYARAKAT KELOMPOK USAHA BATU BATA DI KECAMATAN MAPANGET, KOTA MANADO

  • Rilya Rumbayan Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado
  • Aris Sampe Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado
  • Frans Luntungan Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado
Keywords: Batu Bata, Mesin Pengaduk, Produksi, Manajemen, Jasa, Pelatihan, Penyuluhan.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat melalui skema Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk membuka kesempatan kepada dua Mitra usaha batu bata diKecamatan Mapanget, Kota Manado untuk mengembangkan usaha batu bata sebagai usaha ekonomi produktif dan berkelanjutan. Tujuan khusus dari kegiatan IbM ini adalah: (1)Membuat mesin pengaduk bahan baku batu bata untuk meningkatkan kapasitas produksi batu bata; (2)Memberikan pelatihan penggunaan dan perawatan mesin kepada kelompok usaha batu bata; (3)Memberikanpelatihan tentang sistem manajemen usaha batu bata sehingga pengusaha batu bata mampu lebih professional dalam mengelola usahanya; dan (4)Memberikan penyuluhan tentang metode konservasi lahan bekas galian bahan baku batu bata.  Tercapainya tujuan-tujuan tersebut diukur melalui indikator luaran yang dihasilkan berupa : (1) Satu unit mesin pengaduk bahan baku batu bata yang terbuat dari material daur ulang; (2) Jasa pelatihan tentang penggunaan dan perawatan mesin pengaduk bahan baku batu bata; (3) Jasa pelatihan penataan sistem manajemen usaha industri batu bata; dan (4) Metode konservasi lahan bekas galian bahan baku industri batu bata.  Berdasarkan hasil uji kinerja mesin pengaduk bahan baku batu bata yang dikelola oleh dua Mitra usaha batu bata diperoleh jumlah produksi batu bata dapat mencapai 10,800 buah per hari. Melalui pelatihan penggunaan dan perawatan mesin serta pelatihan penataan sistem manajemen usaha mampu menghasilkan peningkatan produktivitas usaha batu bata. Hasil dari penyuluhan tentang konservasi lahan bekas galian bahan baku batu bata telah memberikan pemahaman kepada pengusaha batu bata dalam menentukan metode pengembangan industri batu bata dengan menjaga kelestarian lingkungan di daerah sekitar industri. Selain itu menambahkan wawasan tentang lingkungan yang berkelanjutan sehingga pengusaha batu bata dapat mengantisipasi dampak negative yang ditimbulkan dari usaha industri batu bata. Kegiatan IbM ini telah berdampak pada terbangunnya kerjasama antara Politeknik Negeri Manado sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan dengan masyarakat pelaku usaha untuk meningkatkan efektifitas arah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang bermanfaat untuk masyarakat

References

Biro Pusat Statistik Kota Manado. 2014. Statistik Daerah Kecamatan Mapanget 2014.
http://manadokota.bps.go.id/new/backend/pdf_publikasi/Statistik-Daerah-Kecamatan-
Mapanget-2014.pdf
Pahl, G. dan B. Wolfgang. 1996. Engineering Design. Second Edition. Springer. Verlag-London.
Shantika, T. dan E. Saefudin, 2009. Perancangan Mesin Pengaduk (Mixer) Bahan Batu Bata Merah. Seminar Nasional VIII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri Kampus ITENAS-Bandung.
Shantika, T. dan E. Saefudin, 2008. Perancangan Mekanisme Mesin Pencetak Bahan Batu Bata Merah Kapasitas 8 Buah per Menit. Seminar Nasional VII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri Kampus ITENAS-Bandung.
Section
Articles